Tidak Sigap Atasi Kebakaran, Wagus Hidayat Soroti Kinerja Petugas Damkar

Ketua BPD KKSS Kabupaten Jayapura H. Wagus Hidayat, S.E., S.H., saat mengunjungi korban kebakaran di lokasi kebakaran. (Irf / lintaspapua.com)
0 43

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Kebakaran yang menghanguskan lima (5) unit ruko dan tiga (3) rumah di samping Kantor Distrik Sentani, tepatnya di depan jalan keluar Pasar Baru, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, pada Senin 2 Mei 2022 lalu ikut disoroti Ketua BPD KKSS Kabupaten Jayapura H. Wagus Hidayat, S.E., S.H., Senin 9 Mei 2022.

Api dengan cepat membakar dua petak ruko yang dijadikan Kantor Bank BNI Cabang Sentani, empat petak ruko sebagai Bengkel Mentari, satu ruko Rumah Makan Padang, satu ruko Depot Isi Ulang Ninja Papua, satu unit ruko kosong dan 3 rumah milik warga.

Keterlambatan petugas pemadam kebakaran (Damkar) tiba di lokasi kebakaran dan juga kurang memadainya peralatan Damkar, menjadi sorotan akan kinerja yang kurang efektif.

Hal ini diungkapkan Wagus Hidayat saat mengunjungi korban yang mengalami banyak kerugian atas musibah itu.

“Rasa empati dan simpati saya kepada sahabat saya, karena pak Sansan ini merupakan kawan atau sahabat lama saya. Sehingga saya baru menyempatkan diri untuk mengunjunginya, tentunya guna memberikan kekuatan moril. Musibah ini pasti tidak ada yang menginginkannya, namun semua sudah menjadi kehendak dan takdir dari Tuhan. Insha Allah, semuanya akan terlewati,” ucap Wagus Hidayat disela-sela kunjungannya ke korban kebakaran, Senin 9 Mei 2022.

“Saya juga turut prihatin atas musibah yang dialami oleh sahabat saya dan juga para korban. Saya kecewa terhadap kinerja dari petugas pemadam kebakaran (Damkar) yang tidak tanggap dan cepat menangani kebakaran yang terjadi di ruko-ruko yang terletak di samping Kantor Distrik Sentani,” tambah pria yang akrab disapa Dayat ini.
Mantan Ketua Fraksi Bhinneka Tunggal Ika (BTI) DPRD Kabupaten Jayapura ini mengungkapkan, selain memberikan support dan dukungan moril kepada para korban kebakaran, pihaknya juga siap memberikan bantuan.

Wagus Hidayat saat mengunjungi korban kebakaran Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura. (Irf / lintaspapua.com)

“Selain memberikan support dan dukungan moril, kami juga akan membantu mungkin untuk pembangunan, atau yang lainnya itu juga saya sudah sampaikan kepada korban kebakaran dan beliau ucapkan terima kasih banyak,” imbuhnya.

“Sebelumnya juga saya bertemu dengan beberapa korban kebakaran lainnya yakni, pemilik rumah makan Padang dan pemilik depot air galon, kami juga sudah berkomunikasi untuk memberikan bantuan kepada mereka. Karena di taksir total kerugian mencapai miliaran rupiah menurut informasi dari para korban. Untungnya, untuk bangunan semuanya juga sudah asuransi kebakaran. Tetapi, kalau untuk isi dalam bangunan atau ruko itu tidak di asuransikan,” tambahnya.

Kunjungan ke korban kebakaran ini sebagai bentuk kepedulian dirinya sesama umat manusia. “Karena ini juga menjadi kewajiban kami untuk membantu meringankan beban mereka yang tertimpa musibah kebakaran,” jelasnya.
Dirinya berharap kejadian ini menjadi pelajaran dan juga cambuk keras bagi Pemerintah Daerah.

“Hal itu sudah harus menjadi tanggung jawab dari pemerintah daerah, khususnya dinas terkait. Jadi, informasi terkait ketidaktersediaannya air ini juga harus diperhatikan oleh pemerintah daerah dalam hal ini tim Damkar,” harap mantan Anggota DPRD Kabupaten Jayapura ini.

“Selama adanya petugas pemadam kebakaran ini, apakah sarana dan prasarananya serta infrastruktur peralatannya lengkap. Karena menurut informasi yang kami peroleh setiap terjadi musibah kebakaran seperti di Kantor Dispenda Kabupaten Jayapura itu justru yang bergerak cepat dari petugas Damkar Bandara Sentani dan Kepolisian. Namun saat menghubungi tim Damkar Kabupaten Jayapura malah kesulitan air. Hal ini harus menjadi instrospeksi diri bagi pemerintah daerah,” tukasnya.

Untuk diketahui, satu unit mobil Water Canon milik Satuan Samapta Polres Jayapura dikerahkan untuk membantu memadamkan api, atas insiden kebakaran yang terjadi di samping Kantor Distrik Sentani, tepatnya di depan jalan keluar Pasar Baru Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, pada Senin 2 Mei 2022 lalu.
Kebakaran tersebut menghanguskan 5 unit ruko dan 3 rumah warga diantaranya Kantor Bank BNI Cabang Sentani, Bengkel Mentari, Rumah Makan padang, ruko Depot Pengisian Ulang Air Minum Ninja Papua, 1 unit ruko kosong dan 3 rumah milik warga.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W. A. Maclarimboen, S.IK., M.H., saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa kebakaran tersebut, kebakaran terjadi pukul 14.30 WIT, diduga dari sebuah ruko yang dijadikan bengkel Mentari milik bapak Edi Mulyanto. (Irf / lintaspapua.com)

Leave a Reply

Install di layar

Install
×