Kematian Covid-19 RI Duduki Peringkat Keempat Di Seluruh Dunia.

Kematian Covid-19 RI. (Foto : Katadata)
0 403

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan banyak kematian karena Covid-19 yang tidak tercatat diseluruh dunia, (5/05).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan total kematian akibat Covid-19 di seluruh dunia mencapai 15 juta jiwa, jauh lebih tinggi tiga kali lipat dari kematian resmi yang tercatat 5,4 juta orang pada 31 Desember 2021.

Dilansir dari VOA Indonesia, Dalam memperkirakan Kematian Covid-19, WHO menggunakan metode “Kelebihan Kematian” untuk menghitung jumlah orang yang meninggal di luar angka rata-rata kematian sebelum pandemi.

“Mayoritas dari 9,6 juta kematian tak tercatat adalah akibat langsung dari Virus Corona”, tegas WHO yang juga memuat data kematian tak langsung Covid-19.

Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa data menyedihkan ini tak hanya melihatkan dampak sebenarnya dari pandemi, tetapi juga dorongan agar negara-negara di dunia memperbaiki sistem informasi kesehatan mereka, agar bisa mengumpulkan data yang lebih tepat.

Selain itu berdasarkan perbandingan antara data “Kelebihan Kematian” dan jumlah kematian resmi Covid-19, Mesir menjadi negara terbesar yang tidak tercatat dengan angka kematian sebenarnya hampir 12 kali lipat dari data resmi.

Di peringkat kedua ialah negara India dengan jumlah kematian sebenarnya mencapai 4,7 juta jiwa, sedangkan yang tercatat hanya 481 ribu saja.

Sedangkan Indonesia berada di peringkat keempat dengan jumlah kematian tak tercatat. Berdasarkan perhitungan WHO, Covid-19 di Indonesia 7,1 kali lebih besar. Tercatat pada tanggal 31 Desember 2021 kematian dari data resmi dengan jumlah 144 ribu jiwa, sedangkan jumlah sebenarnya lebih dari 1 juta orang.

“Ini tragedi. Dengan tidak menghitung orang yang meninggal berarti kita kehilangan kesempatan untuk memperbaiki diri. Nyawa mereka harus dihargai. Para pembuat kebijakan harus diminta pertanggungjawabannya”, tambah Samira Asma dari Departemen Data WHO. (Milenial / lintaspapua.com)

 

Leave a Reply

Install di layar

Install
×