Angkat Budaya Mimika : Tifa Inside 2022 Dapat Apresiasi.

Panita Tifa Inside 2022, saat menjemput Tamu dari Deputi Bidang Produkwisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia di Bandara Moses Kilangin Timika. Kamis, (5/5). (Milenial / lintaspapua.com)
0 83

TIMIKA (LINTAS PAPUA) – Sanggar seni Amuta Wapuri dan Noken Star Papua Indonesia menyelenggarakan acara Harmonisasi Budaya Mimika untuk Nusantara di halaman Gedung Eme Neme Yauwaere (ENY) Timika Papua, Jumat besok (6/05).

Seluruh warga Nusantara Mimika akan dihibur dengan tontonan menarik yang menghadirkan artis Top Papua, Sonya Bara dari Jayapura. Selain itu, ada juga Seka Masal, Fashion Show dan berbagai produk kerajinan Lokal Papua serta produk usaha kecil menengah (UKM) yang dipasarkan.

Dalam acara tahunan ini, Tokoh Intelektual muda asli Mimika, Leonardus Tumuka, Ph.D memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara Tifa Inside Festival of Art (Tifa) 2022.

Hal itu dikatakan Leonardus Tumuka, saat berjumpa dengan acara Manager Tifa 2022, Alfo Kan Smith di Hotel Cendrawasih 66, Rabu, (4/5) malam hari.

“Sebagai Tokoh, saya memberi apresiasi kepada Panitia acara ini. Karena sudah mau mengangkat Budaya Mimika terutama kepada kedua Suku besar Amungme dan Mimika,” ucapnya.

Leonardus Tumuka juga menjelaskan, sudah seharusnya Pentas Seni Tradisional Mimika diangkat ke kanca Internasional. Bahkan beberapa perwakilan kelompok Seni terutama Seni Ukir, Tarian, Tarik Suara sudah berhasil menyajikan karya terbaik mereka dalam mengharumkan nama Mimika di Tanah Papua, Indonesia dan Luar Negeri.

Leonardus Menilai, pada acara besok, walaupun dikemas dalam berbagai bentuk kegiatan, namun dirinya menyarankan bahwa seharusnya Panita Tifa 2022 lebih menonjolkan Budaya kedua suku besar asal Kabupaten Mimika.

“Kami menyarankan agar Panitia memakai desain dan accesories Budaya Mimika serta kedua tarian adat suku ini sebagai pembuka juga penutup,” ujarnya.

Perihal itu, Manager Event Tifa Inside 2022, Alfo Kan Smith mengaku sangat puas dengan apresiasi dari Tokoh Intelektual Mimika.

“Kami siap bahkan beberapa peserta yang akan tampil di event Show Model dan tarik suara adalah asli putra/asli suku Mimika”, ungkap Alfo.

“Ini perjumpaan pertama saya dengan beliau, senang bisa ketemu langsung dan kami siap untuk menampilkan budaya kedua suku utama sebagai simbol dalam pentas kami besok,” tambahnya dengan bangga.

“Tentu kami sudah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Mimika. Demikian juga dengan Yayasan Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK).”, tutur Alfo, sebagai pria lahir besar Timika dalam menyukseskan acara itu.

“Kami tahu, mencintai bahkan sangat menghargai kepada kedua lembaga besar, yakni Lemasa dan Lemasko di Kota ini, kami pun sudah menyurati, serta meminta dukungan moral penuh kepada panitia penyelenggara,” lanjut Pria lulusan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) itu.

Peran Lembaga Adat bagi Alfo, menjadi pintu utama dalam pengembangan Minat Bakat Generasi Mimika kedepannya.

Anak-anak dalam tumbuh kembangnya wajib dibina sesuai dengan minat bakat mereka agar kelak dapat mengharumkan nama Mimika, tetapi juga tidak bisa menolak dampak negatif akibat laju perkembangan era modern.

Disisi lain ada juga Kelompok usaha Produktif, Kelompok Usaha Yapareke dibawah binaan UPTD Kesatuan Pengelola Hutan Lindung (KPHL) Unit VI Mimika dipastikan hadir dengan memasarkan produk yang dihasilkan.

“Kami diundang dan akan memasarkan produk hasil olahan dari Hutan Lindung di Mimika kepada warga melalui acara besok,” ujar Magdalena dari kelompok usaha Yapareke.

“Kelompok Usaha Yapareke sendiri akan memasarkan atau menjual produk Olahan Kopi dan Teh Mangrove, Minyak Daun Gatal serta produk lain.”, tambahnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Panitia Tifa Inside 2022 yang sudah bisa membuat acara ini, menghimpun seluruh kelompok muda produktif di dunia tari, usaha dan lainnya serta untuk lebih diperkenalkan juga belajar mengasah potensi diri mereka,” tutupnya. (Milenial / lintaspapua.com)

Leave a Reply

Install di layar

Install
×