Instruksi Presiden Jokowi, Pra-Pertemuan Pemimpin Muda Dunia G20 Akan Diadakan Di Manokwari, Papua Barat.

Suasana rangkaian kunjungan kerja Pemimpin Muda tingkat dunia Y20, yang juga merupakan bagian dari rangkaian acara G20 di Ibukota negara Amerika Serikat - Washington DC. 27/04. (Milenial / lintaspapua.com)
0 83

WASHINGTON DC (LINTAS PAPUA) – Acara Pra-Pertemuan pemimpin muda tingkat dunia Y20, yang merupakan bagian dari rangkaian acara G20 akan diadakan di Manokwari Papua Barat pada bulan Juni 2022 nanti.

Dalam rangka menuju acara tersebut, Staf Khusus Presiden RI Billy Mambrasar, yang juga merupakan anggota Dewan Penasihat Y20 di Manokwari Papua Barat, mempromosikan kekuatan Provinsi Papua Barat sebagai tuan rumah yang akan siap menjamu para pemimpin muda dari 20 negara terbesar secara ekonomi tingkat global di Ibukota Provinsi termuda di Indonesia ini.

Promosi tersebut dilakukan oleh Billy Mambrasar di Ibukota negara Amerika Serikat – Washington DC, bersamaan dengan rangkaian kunjungan kerja dengan ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Arsjad Rasjid dan Pimpinan G20 Indonesia Shinta Kamdani juga beserta rombongan yang mempromosikan B20 bersama-sama dengan Menkomarves dan Menkeu.

Rangkaian pertemuan dengan berbagai mitra dilakukan juga di New York, dan beberapa kota lainnya yang dilaksanakan dari tanggal 22 hingga 27 April 2022.

Adapun berbagai diskusi dan kesepakatan yang dilakukan dengan pihak pemerintah Amerika Serikat juga organisasi lateral dunia, seperti; Bank Dunia, USA Chamber of Commerce, United States Representative, Perwakilan Presiden Amerika Serikat untuk Perubahan Iklim – John Kerry, serta beberapa perwakilan bisnis dan perusahaan multi nasional lainnya di Amerika Serikat.

“Saya mendapat SK menjadi salah satu anggota dewan penasihat dari Gubernur Papua barat dan juga saya adalah anggota Indonesia Youth Diplomacy (IYD) membantu rekan saya Michael Sianipar dan para pengurus yang menjadi organisasi mitra pemerintah dalam penyelenggaraan acara ini.”, ungkap Billy.

“Tujuan saya adalah agar Tanah Papua dikenal sebagai tanah penuh berkat yang selama ini telah melahirkan banyak sekali pemimpin, baik di tingkat nasional maupun tingkat dunia,” Ucap Putra Papua yang aktif mendorong percepatan pembangunan di Papua dan Papua Barat ini.

Pertemuan Y20 atau singkatan dari Youth-20 merupakan bagian dari kegiatan G20, dan akan mempertemukan para pemimpin muda dunia dalam satu rangkaian acara tersebut.

Diharapkan, kesepakatan yang dihasilkan dari pertemuan tersebut, akan menciptakan bentuk kolaborasi para pemimpin muda ini, di berbagai bidang seperti; ekonomi, politik, lingkungan hidup dan bisnis yang dapat menciptakan iklim investasi yang baik serta menumbuhkan lapangan pekerjaan.

Selain Manokwari, rangkaian pertemuan Y20 ini juga akan diadakan di Palembang, NTB, Balikpapan, Jakarta dan Bandung.

“Saya mengapresiasi pemerintah pusat, khususnya Presiden Joko Widodo, ketua dan pengurus Y20, B20, W20, termasuk teman-teman Indonesia Youth Diplomacy, yang sudah mempercayakan Manokwari untuk menjadi tempat dilangsungkannya acara ini”, ujarnya.

Billy juga mengucapkan terima kasih atas kesediaan Gubernur Papua Barat, Bapak Dominggus Mandacan, untuk pelaksanaannya.

“Ini memberikan kesempatan kepada seluruh dunia, untuk dapat mengenal Tanah Papua, khususnya Provinsi Papua Barat lebih dekat lagi. Kedepannya, saya yakin para pemuda Papua akan juga lebih termotivasi lagi untuk dapat mengikuti acara seperti ini, dalam rangka melatih kepemimpinannya, untuk membuat perubahan, bersanding dengan para pemimpin global lainnya,” tutupnya. (Milenial / lintaspapua.com)

Leave a Reply

Install di layar

Install
×