BPJS Kesehatan Mudahkan Masyarakat Mudik Melalui Portal JOSS

0 35

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)– Sebagai upaya pemberian informasi secara tidak langsung kepada masyarakat pada umumnya dan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) pada khususnya, BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Papua dan Papua Barat memberikan informasi secara digital yaitu Kepwil Papabar Portal JKN One Stop Service (Portal JOSS). Bertepatan dengan memasuki masa mudik dan libur lebaran tahun 2022, Portal JOSS dapat menjadi salah satu kanal layanan yang dapat dimanfaatkan oleh peserta JKN-KIS, sehingga saat mudik dan libur lebaran tetap dapat mengakses layanan.
Deputi Direksi Wilayah Papua dan Papua Barat Budi Setiawan, SE., M.Si., mengatakan Portal JOSS ini memudahkan masyarakat dan peserta JKN-KIS dalam mencari informasi terkait Program JKN-KIS.
“Kami telah menyiapkan sebuah inovasi digital dalam pemberian informasi secara tidak langsung dengan tujuan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi terkait Program JKN-KIS dengan hanya mengklik link https://linktr.ee/bpjskesehatanpapabar dari smartphone maupun perangkat elektronik lainnya yang tersambung ke jaringan internet,” kata Budi, Kamis (28/04).
Upaya BPJS Kesehatan untuk meningkatkan layanan kepada seluruh peserta JKN-KIS selalu dilakukan. Simplifikasi dan kemudahan proses pendaftaran, perubahan data, pembayaran iuran, dan pelayanan informasi serta pengaduan.
”Bisa dilakukan dimana saja, kapan saja dengan mudah. Tanpa harus datang ke kantor pelayanan. Masa pandemi memang dibatasi pelayanan. Agar lebih maksimal, kami membuat berbagai layanan yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat. Tidak terbatas hanya peserta JKN-KIS,” jelasnya.
Adapun menu Portal JOSS yang dapat di akses yaitu Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (Pandawa), Chat Assitant JKN (Chika), BPJS Kesehatan Care Center 165, Panduan Layanan Bagi Peserta JKN, Informasi Fasilitas Kesehatan, Skrining Riwayat Kesehatan, Download Mobile JKN (Versi Android), Download Mobile JKN (Versi IOS), Cara Install Mobile JKN dan Alur Layanan Tanpa Tatap Muka.
Budi menambahkan, dengan inovasi Portal JOSS dapat meningkatkan kualitas layanan Program JKN-KIS melalui penguatan sinergi bersama stakeholder lainnya.(BPJS Kesehatan Cabang Jayapura/Fransisca)

Leave a Reply

Install di layar

Install
×