Pererat Silaturrahmi, KKSS Kabupaten Jayapura Gelar Bukber dan Vaksin Serentak Ramadhan

Nampak suasana buka puasa bersama BPD KKSS Kabupaten Jayapura. (Irf / lintaspapua.com)
0 4

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Badan Pengurus Daerah – Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPD KKSS) Kabupaten Jayapura, menggelar acara buka puasa bersama di bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah, di Halaman Masjid Agung Al-Aqsha, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat 15 April 2022.

Buka puasa bersama tersebut, turut dihadiri Ketua BPW KKSS Provinsi Papua Dr. H. Mansur, M., S.H., M.M., Danlanud Silas Papare Marsma TNI Budhi Achmadi, Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W. A. Maclarimboen, S.IK., M.H., Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Jayapura Makmun Rosyidin, sejumlah tokoh, pengurus dan warga KKSS Kabupaten Jayapura, serta Ikatan Wanita Sulawesi Selatan (IWSS) Kabupaten Jayapura.

Dikatakan Ketua BPD KKSS Kabupaten Jayapura, H. Wagus Hidayat, S.E., S.H., buka puasa ini merupakan program yang dilaksanakan setiap tahunnya yakni Safari Ramadhan yang bertujuan untuk mempererat tali silaturrahmi antar warga KKSS dengan warga Muslim lainnya yang ada di Kabupaten Jayapura.

“Kegiatan ini menjadi momen untuk kita meningkatkan tali silaturrahmi antar sesama umat Muslim dan juga momen untuk berbagi terutama kepada kaum dhuafa yang menjalankan ibadah puasa dan siap menyambut lebaran dalam keterbatasan,” ucap pria yang akrab disapa Dayat ini.
Dayat juga mengatakan, sangat bangga dengan kekompakan dan kebersamaan warga dan pilar-pilar yang ada di KKSS Kabupaten Jayapura, yang tergerak secara bersama-sama hingga acara buka puasa bersama pengurus dan masyarakat KKSS Kabupaten Jayapura ini bisa terselenggara dengan baik.

“Kalau seluruh pilar-pilar dan seluruh warga dari KKSS mempunyai kepedulian yang tinggi seperti yang ada di KKSS saat ini, sebagai ketua saya merasa di ringankan, di bantu dan saya tidak perlu bekerja keras, tinggal memberikan instruksi, Alhamdulillah semuanya bisa berjalan,” katanya.

“Untuk itu, saya berharap ini dapat terus dipertahankan dan dapat kita tingkatkan demi kekompakan, kebersamaan dan perwujudan persatuan kesatuan kita khususnya umat Islam di Kabupaten Jayapura, karena kalau bukan sesama kita saling menguatkan, tidak mungkin kita bisa berjalan sendirian,” harap Dayat menambahkan.

Sementara itu, dalam tausiah hikmah puasa yang disampaikan oleh Habib Alwi Bin Ahmad Bin Shahab menekankan kebersamaan dan kepedulian bersama seperti halnya yang ditunjukkan oleh warga KKSS Kabupaten Jayapura, merupakan wujud dari Islam yang sebenarnya.

“Alhamdulillah, Allah SWT memperlihatkan kepada kita keadaan yang begitu indah dan menggembirakan di bulan suci Ramadhan. Sebagaimana tadi kita mendengar sambutan dari pak Wagus Hidayat yakni, bagaimana kebersamaan dan kepedulian yang begitu terlihat pada acara buka puasa bersama ini. Kalau kita bicara tentang agama kita, ya inilah agama Islam. Saling peduli, itulah agama kita dan bersatu, itulah agama kita, agama Islam,” ujarnya.

Habib Alwi Bin Ahmad Bin Shahab juga menekankan pentingnya menjaga toleransi keberagaman, karena dengan berbeda sesungguhnya itu menjadi kekuatan seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW di awal perkembangan Islam, yang menjadikan perbedaan kabilah di Jazirah Arab hingga menjadi satu kekuatan besar hingga saat ini.

Acara buka puasa bersama BPD KKSS Kabupaten Jayapura ini dirangkai dengan gebyar Vaksin Serentak bekerjasama dengan Polres Jayapura yang juga mengundang antusias warga, yang sudah berdatangan ke lokasi sejak sore hari.

Pada kesempatan vaksinasi serentak tersebut, pihak Polres Jayapura menyediakan vaksin jenis Sinovac (Biotech) untuk dosis I, dosis II dan dosis III (Booster) dan dosis untuk anak usia 6-17 tahun. (Irf / lintaspapua.com)

Leave a Reply

Install di layar

Install
×