BPJS Kesehatan dan Pemda Mamberamo Raya Pantau Program JKN-KIS

0 6

MAMBERAMO RAYA (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Daerah Mamberamo Raya mendukung penuh penyelenggaraan program JKN-KIS akan cakupan kesehatan semesta bagi seluruh penduduk untuk mencapai Universal Health Coverage (UHC). Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mamberamo Raya, Aloysius Giyai dalam kegiatan Forum Komunikasi serta Monitoring dan Evaluasi Fasilitas Kesehatan dengan pemangku kepentingan utama Kabupaten Mamberamo Raya, Selasa (12/04/2022).

“Dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi kepada BPJS Kesehatan yang telah menyempatkan waktu untuk hadir dan membantu memberikan layanan Kesehatan kepada masyarakat Mamberamo Raya”ujar Aloysius.

“Forum ini dilaksanakan guna menyamakan pemahaman serta meningkatkan pelayanan Kesehatan, Kerjasama dalam bidang Kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dalam hal memperoleh pelayanan Kesehatan dengan baik di Kabupaten Mamberamo Raya”tambahnya.

Kapala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Djamal Adriansyah, menyampaikan laporan yang dituangkan dalam materi terkait dengan pelayanan Kesehatan serta langkah-langkah yang sudah dijalankan oleh BPJS Kesehatan Cabang Jayapura kepada Pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya yang telah mendukung program JKN KIS.

“BPJS Kesehatan melayani peserta JKN-KIS di seluruh Indonesia. Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dibayar berdasarkan peserta terdaftar pada FKTP tersebut dalam bentuk kapitasi, sakit atau tidak sakit akan tetap dibayarkan,” ujar Djamal saat memaparkan materi.

 

Pendaftaran masyarakat oleh Pemerintah Daerah kepada BPJS Kesehatan mempunyai 2 sistem yaitu system Universal Health Coverage ( UHC ) dan system non UHC. Sampai dengan saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Mamberamo Raya belum UHC dimana masyarakat yang baru didaftarkan tidak langsung dapat dijamin oleh JKN-KIS.

 

“Cakupan penduduk kabupaten Mamberamo Raya saat ini yang sudah terdaftar JKN KIS 86,80% dari jumlah penduduk Kabupaten Mamberamo Raya sebanyak 38.551 jiwa, serta untuk mencapai UHC sesuai RPJMN 2024 sebesar 98% penduduk terdaftar JKN-KIS dapat melakukan penambahan peserta sebanyak 4.316 jiwa yang dapat dilakukan dengan pengusulan PBI JK baik dengan menginput di aplikasi siks-ng dan bersurat ke Kementrian Sosial dengan tanda tangan Bupati/Sekda”ujarnya.

“Kami harap pemerintah daerah melalui dinas terkait dan pemangku kepentingan lainnya agar dapat mendaftarkan PPNPN khususnya untuk Honorer Dinas Kesehatan sehingga dapat menambah kapitasi, dan fasilitas Kesehatan juga dapat lebih meningkatkan mutu pelayanan kepada peserta JKN-KIS. Forum ini dilaksanakan untuk memperkuat sinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Mamberamo Raya dalam menyelenggarakan Program JKN-KIS”tutupnya.(BPJS Kesehatan Cabang Jayapura/Fransisca)

 

Leave a Reply

Install di layar

Install
×