Pameran Foto  ‘Kisah Senyap’  kolaborasi FISIP  Uncen dan Panna Foto Institute  Jadi Wajah Baru Almamater Kuning

Foto bersama pameran foto dengan tema "Kisah Senyap" di Gedung Transistor Kampus FISIP Uncen, Selasa (22/03/2022). (Putri Kurita / lintaspapua.com)
0 11

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Cendrawasih (Uncen) bekerja sama dengan PannaFoto Institute gelar pameran foto dengan tema “Kisah Senyap” di Gedung Transistor Kampus FISIP Uncen, Selasa (22/03/2022).

Direktur Pelaksana PannaFoto Institute, Ng Swan Ti dan Dekan FISIP Uncen,  Marlina Flassy, M.Hum, Ph.D., saat menandatangani kerjasama. (Putri Kurita / lintaspapua.com)

 

Dekan FISIP Uncen,  Marlina Flassy, M.Hum, Ph.D.,  menjelaskan pameran foto akan dilanjutkan dengan pelatihan fotografi yang akan diikuti oleh 100 orang mahasiswa FISIP.

“Dimulai dari FISIP, kami ingin menciptakan kegiatan yang dapat mengalihkan aktivitas mahasiswa yang bersifat akademik seperti ini,”  uajr  Dekan FISIP Uncen,  Marlina Flassy, di lokasi kegiatan, Selasa, 22 Maret 2022.

Menurutnya, aspirasi turun kejalan yang selama ini dilakukan oleh mahasiswa bisa juga dilakukan dengan hal lain, yaitu dituangkan melalui foto dan tulisan. Yang kemudian lebih efektif dan tidak merugikan pihak lain.

 

Marlina mengatakan dari kegiatan ini pihaknya berharap masyarakat bisa mengenal wajah baru dari mahasiswa Uncen khususnya FISIP.

Pameran Kisah Senyap menghadirkan karya-karya fotografer terpilih dalam program Photo-Demos Challenge Albertus Vembrianto, Malahayati, dan Arif Hidayah.

Sementara iu, Direktur Pelaksana PannaFoto Institute, Ng Swan Ti,  dalam keterangannya menungkapkan kegiatan sebelumnya telah di lakukan di Jakarta, Bandung, Makasar, dan terkahir di FISIP Uncen.

“Kami memang bekerja sama dengan mereka yang tertarik, kemudian mempunyai visi yang sama bagaimana menggunakan fotografi,”  ungkapnya.

Hal ini untuk bercerita dan untuk mendukung fotografer dalam menyampaikan ekspresinya dan kepedulian terhadap komunitas dan cerita-cerita di sekitar lingkungan atau tempat tinggal.

Sementara itu, Ketua Program Studii Management Administrasi Perkantoran, Terianus L. Safkaur S.Sos. MPA., menjelaskan suatu terobosan yang dilakukan oleh Dekan FISIP Uncen saat ini, untuk membawa perubahan dalam skali kecil guna menciptakan pemahaman atau mindset dari mahasiswa secara keseluruhan untuk melihat dinamika sosial yang sedang terjadi.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mahasiswa ketika membuat artikel atau skripsi dapat memberikan gambaran secara deskriptif dengan tulisan tetapi juga didukung dengan visualisasi sehingga tulisan yang dibuat dapat dipahami hanya dengan melihat kerangka berpikir,” jelas Terianus.

Dalam kegiatan pelatihan yang dilakukan selama 14 hari ini akan dimulai dengan Diskusi “Kisah Senyap”, Isu gender, Pelatihan Fotografi dan Penulisan.

Setelah kegiatan ini, kedua pihak bersepakat untuk melanjutkan kerjasama yaitu magang atau pelatihan kerja mahasiswa di PanaFoto Institute yang akan dilakukan secara daring. (Putri Kurita / lintaspapua.com)

Leave a Reply

Install di layar

Install
×