Gerakkan Ekonomi Hijau, Bupati Keerom Serahkan Bibit Kakao

0 1

Bupati Keerom, Piter Gusbager Juga Serahkan Bantuan UMKM dan Berikan 214 Paket Sembako.

KEEROM ( LINTASPAPUA) — Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, bersama Direktur Penyerasian Pembangunan Daerah (Kemendes PDTT), Dr. Dwi Rudi Hartoyo, MS melakukan secara simbolis penyerahan dan penanaman bantuna bibit tanaman kakao di Kampung Skanto, Distrik Skanto pada Minggu (20/3/22).

Sebanyak 5 ketua kelompok tani menerima bantuan bibit kakao yang diserahkan secara simbolis oleh Piter Gusbager, SHut, MUP, (Bupati Keerom), Dr. Dwi Rudi Hartoyo, MS (Direktur dari Kemendes PDTT), Trisiswanda Indra N, SPT (Sekda Keerom), Kompol Nur Bhakti (Wakapolres Keerom) dan Ny. Angela TH Frank Gusbager, ST (Ketua TP-PKK Keerom).

Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, menyerahkan bibit kakao kepada petani
Direktur Penyerasian Pembangunan Daerah (Kemendes PDTT), Dr. Dwi Rudi Hartoyo, MS menyerahkan bibit kakao 

Ini merupakan bagian dari 20 ribu bibit kakao yang akan diberikan kepada para petani kakao di beberapa kampung di Distrik Skanto. Bibit Kakao ini diberikan melalui program GEG atau Green Economic Growth pemerintah Inggris dan Kemendes PDTT mewakili pemerintah Indonesia.

Direktur Penyerasian Pembangunan Daerah, Dr. Dwi Rudi Hartoyo, MS, pada kesempatan tersebut menjelaskan bahwa program GEG yang dilakukan saat ini merupakan tindak lanjut dari kedatangan Menteri Desa dan PDTT, beberapa waktu lalu ke Keerom.

“Saat itu memang kunjungan menteri tak lama, hampir bersamaan dengan pelaksanaan PON, dan melihat kondisi Keerom, maka saya diperintahkan melalui progran GEG atau gerakan ekonomi hijau untuk menggerakan ekonomi di kampung yang kita harapkan bisa memiliki komoditas unggulan yang kemudian diputuskan adalah kakao dan diserahkan untuk beberapa kampung di Skanto,”ujarnya.

Direktur Penyerasian Pembangunan Daerah (Kemendes PDTT), Dr. Dwi Rudi Hartoyo, MS 

Sementara, Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, pada kesempatan berikutnya, mengemukakan terimakasih dan apresiasi atas dipilihnya Keerom untuk mendapat bantuan bibit Kakao dalam program Green Economic Growth.

“Saya harap agar petani yang menerima bibit kakao ini bisa menanam dan merawat hingga panen nanti sehingga bisa menggerakkan ekonomi kampung seperti harapan pemerintah. Kalau nanti ada kendala atau kesulitan nanti ada pendamping yang akan Pemkab tunjuk dan bupati SK-kan,”ujarnya.

Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyerahkan bantuan UMKM bagi ibu-ibu kelompok usaha di kampung Skanto dalam rangka menggerakkan ekonomi kampung. Dilanjutkan penyerahan paket sembako bagi seluruh KK disana yaitu sebanyak 214 KK. Paket sembako terdiri dari beras, gula, teh, telor, mie instans, dll.

Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, menyerahkan bantuan paket sembako kepada 214 KK di Kampung Skanto, Minggu (21/3/22) 
Ketua TP-PKK Keerom, Ny. Angela TH Frank Gusbager, ST, menyerahkan secara simbolis paket sembako bagi KK di Kampung Skanto. (arief  / lintaspapua.com)
Sekda Keerom, Trisiswanda Indra N, SPT saat menyerahkan bantuan paket sembako. (arief / lintaspapua.com)

Usai penyerahan bantuan, bupati didampingi ibu dan pejabat yang ada melakukan penanaman bibit tanaman kakao dilanjutkan foto bersama dan ramah-tamah. Hadir juga pada acara ini, Kadistrik Skanto, tokoh masyarakat dan tokoh adat Distrik Skanto dan tamu undangan lainnya.  (ariefnugroho/LINTASPAPUA.COM)

Leave a Reply

Install di layar

Install
×