Sosialisasi RTP, Sekretaris OPD Keerom Diharap Mampu Kelola Resiko

0 11

Sekda Keerom, Trisiswanda Indra N, SPT : Agar Pimpinan OPD Sejalan dengan Visi-Misi Bupati Keerom dan Wakil Bupati.

KEEROM ( LINTASPAPUA) – Dalam rangka meningkatkan tercapainya visi-misi Pemkab Keerom di masa pemerintahan Bupati Piter Gusbager, SHut, MUP dan Wabup Drs. Wahfir Kosasih, SH, MH, MSi, maka dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Rencana Tindak Pengendalian (RTP), terkait manajemen resiko untuk pencapaian visi-misi Pemkab Keerom.

Kegiatan dilaksanakan di Ruang Rapat Sekda Keerom, Kompleks Kantor Bupati Keerom, Jl. Transpapua, Keerom, pada Jumat (18/3/22) dan diikuti oleh para Sekretaris OPD-OPD yang baru dilantik beberapa hari sebelumya oleh Bupati Keerom. Kegiatan yang digagas oleh Sekda Keerom, Trsisiwanda Indra N, SPT, ini menghadirkan pemateri 3 orang dari BPKP Perwakilan Papua.

Tampak hadir dalam sosialisasi RTP ini Inspektur Keerom, Charles Sinaga dan para narasumber diantaranya, Sigit, Eka dan Magdalena. Sementara para Sekrataris Dinas yang hadir diantaranya dari Dinas Pendidikan, Dinkes, Dinsos, DLHKPP, BPBD, PUPR, kesbangpol, dll.

Sekda Keerom, Trsisiwanda Indra N, SPT, menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan adalah sosialisasi RTP di lingkungan Pemkab Keerom dengan sasaran adalah para Sekretaris OPD-OPD.

“Ini merupakan salah satu bimbingan teknis dalam rangka peningkatan kapabilitas APIP, karena kita tahu bersama bahwa APIP kita masih level II dan sesuai arahan Bupati maka kami akan berupaya agar tahun depan APIP kita meningkat di level III,”ujarnya kepada wartawan disela-sela kegiatan.

Sekda Keerom, Trisiswanda Indra N, SPT .

Disampaian bahwa materi yang disampaikan terkait dengan pengendalian resiko dalam penyelenggaraan pemerintah daerah. Dimana salah satu misi Bupati/Wabup adalah tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih atau good and clean governence.

“Untuk itu kita mulai dari pengawasan. Jadi sosialiasi RTP ini diharapkan para sekretaris yang baru ini tak seperti sekretaris di tahun sebelum-sebelumnya yang dianggap sebagai ban serep, tetapi mereka bisa menjadi mesin penggerak dalam pelaksanaan program kegiatan di OPD-OPD masing-masing,”lanjutnya.

Ia mengharapkan, agar sekretaris berperan bukan hanya sebagai pejabat pelaksana keuangan, namun juga sebagai pengawas dalam membantu peningkatan kapasitas pengendalian internal.

“Kalau semua OPD komitmen dalam pengendaian internal ini maka tugas inspektur akan terbantu termasuk menuju tata kelola pemerintahan yang baik. Maka para sekretaris kita haraan dapat belajar dengan sungguh-sungguh dalam kegiatan ini,”pesannya.

Ia menambahkan usai RTP bagi Sekretaris, maka para pimpinan OPD adalah sasaran berikutnya. Karena menurutnya dalam pelaksanaan program kegiatan di OPD maka pimpinan dan sekretaris OPD herus sinkron dan bekerja sebagai teamwork.

“Pengalaman dalam birokrasi sering kita temua ada secara pribadi, pimpinan OPD yang mau bergerak sendiri, ini tak boleh terjadi lagi. Karena bila teamwork padu, pimpinan dan sekretaris OPD bisa paham dan sejalan dengan visi misi Bupati/Wakil maka kita harapkan dapat meningkatkan pencapaian sasaran yaitu tercapainya visi-misi Pemkab Keerom, yaitu Keerom bangkit yang inovatif, mandiri bermartabat dan berkelanjutan,”ujarnya lebih lanjut.

Sementara kepada pemateri dan pihak BPKP Perwakilan Papua, Sekda menyampaikan terimakasih

“Terimakasih kepada BPKP Perwakilan Papua, juga kepada pemateri yang telah memberikan materi tentang manajemen resiko yang disampaikan secara padat dan ringkas disertai contoh-contoh kasus yang diambil dari sudut pandang pengambil kebijakan,”pungkasnya.  (arief nugroho/ LINTASPAPUA.COM)

Leave a Reply

Install di layar

Install
×