Kemendag Latih Ratusan Pemuda Papua Untuk Peningkatan Kewirausahaan UMKM

0 17

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Semua tau bahwa Papua terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi potensi Papua tidak hanya sebatas kekayaan dan keindahan alamnya.

Papua pun memiliki produk-produk unggulan, berkualitas tinggi siap untuk didistribusikan secara nasional dan di ekspor ke mancanegara. Melihat banyaknya potensi yang tersimpan di tanah Papua, maka Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag) bekerjasama dengan Papua Muda Inspiratif (PMI) mengadakan acara Pengembangan Kewirausahaan bagi UMKM Papua Inspiratif dengan tajuk Kegiatan  dan Sosialisasi Kecintaan Produk Dalam Negeri.

Acara ini bertujuan untuk melaksanakan pendampingan dan pemberdayaan terhadap pelaku UMKM Papua Muda Inspiratif baik dari sisi peningkatan daya saing produk, wawasan manajemen sumber daya manusia (SDM) dan pengelolaan keuangan usaha, serta peningkatan akses pasar dengan marketplace. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta dan bangga masyarakat terhadap produk dalam negeri khususnya produk-produk asal Papua.

Kegiatan Peningkatan Kewirausahaan dan Sosialisasi Kecintaan Produk Dalam Negeri diselenggarakan selama 1 (satu) hari, Selasa tanggal 15 Maret 2022. Kegiatan diselenggarakan secara hybrid dan paralel dengan 4 (empat) tema kegiatan, di 4 (empat) lokasi yang berbeda (Jayapura, Sorong, Merauke dan Manokwari) di wilayah Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Acara yang diikuti 1000 orang peserta ini, terdiri atas UMKM untuk kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan Produk di Kota Jayapura, Bimbingan Teknis Kewirausahaan di Manokwari, Kemitraan Pemasaran UMKM dengan Marketplace di Sorong, dan Sosialisasi Kecintaan Produk Dalam Negeri di Merauke dengan target mahasiswa/i dan organisasi kemasyarakatan.

Pada kesempatan ini menghadirkan narasumber seperti Staf Khusus Presiden Republik Indonesia sekaligus Koordinator Utama Papua Muda Inspiratif (PMI) bapak Billy Mambrasar, Inspektur I KEMENDAG bapak Ojak Simon Manurung, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Provinsi Papua, Bapak Ir. Omah Laduani Ladamay, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua Barat, Bapak George Yarangga, A.Pi.,MM beserta jajaran, Tim Papua Muda Inspiratif dan Tim Pendamping PMI Bidang UMKM; pelaku UMKM inspiratif; perwakilan dari marketplace; praktisi ahli di bidang pangan, non-pangan dan kemasan; serta akademisi.

“Saya atas nama Presiden RI, Joko Widodo, mengucapkan apresiasi mendalam untuk Kementerian Perdagangan bersama-sama dengan Papua Muda Inspiratif, yang telah melakukan pelatihan hari ini. Pak Jokowi berpesan agar pelaku UMKM dapat menciptakan Produk berdaya saing global, dan siap ekspor. Ini untuk dapat meningkatkan ekspor produk UMKM, dan meningkatkan pendapatan negara. Oleh sebab itu pelatihan hari ini secara tidak langsung, menunjukkan aksi nyata yang dilakukan untuk mendukung visi besar dari Presiden kita”, Ujar Billy Mambrasar, Stafsus Presiden Asal Papua tersebut.

Kegiatan yang berisi pelatihan terhadap pelaku usaha mikro kecil dan menengah diharapkan bisa meningkatkan kualitas dan wawasa para pelaku usaha mengenai strategi usaha, metode kreatif untuk meningkatkan produk dan memaksimalkan juga memanfaatkan teknologi sebagai platform penjualan produk. Pembinaan dan pelatihan ini sangat bermanfaat untuk bisa membesarkan produk yang mereka ciptakan agar memiliki mutu kualitas ekspor dan bisa membawa dampak besar bagi perekonomian Indonesia.

Adapun yang mewakili Kementerian Perdagangan yaitu Bapak Ojak Simon Manurung. Dalam sambutannya, menyampaikan bahwa “Papua Muda Inspiratif menjadi motor penggerak para pemuda pelaku usaha di Papua. Dibangunnya Papua Youth Creative Hub adalah wujud nyata dukungan pemerintah terhadap pelaku industri usaha muda. Kami mengharapkan agar pelatihan ini diselenggarakan secara teratur agar manfaatnya lebih terasa signifikan.” Ujar Inspektur I Kemendag tersebut.

Kegiatan ini tentunya membawa semangat bagi pelaku usaha yang bernaung di payung Papua Muda Inspiratif (PMI) untuk giat berkreasi menciptakan produk-produk yang berkualitas dan berdaya saing, serta memupuk rasa cinta dan bangga terhadap produk dalam negeri.

“Sudah waktunya anak-anak muda Papua juga menjadi exporter barang-barang berkelas internasional, dan saya harap kami dapat mendukung strategi tersebut, dan melalui hashtag #BanggaProdukIndonesia kita akan meningkatkan kepedulian terhadap produk Indonesia lebih dalam lagi”, Ujar Elia Musa Rawar, kepala Bidang Pengembangan UMKM dan Ekonomi Kreatif Papua Muda Inspiratif.

Papua Muda Inspiratif (PMI) adalah sebuah ekosistem Kepemudaan berbasis kewirausahaan yang telah ada di hampir seluruh kota dan kabupaten di Papua dan Papu Barat. Sejak berdirinya di akhir 2019 lalu, PMI telah melatih dan memberikan permodalan kepada ratusan anak muda asli Papua. PMI juga menjadi mitra strategis pemerintah dalam mendorong program-program Petani Milenial, dan Nelayan Milenial untuk ketahanan Pangan Nasional.  ***

Leave a Reply

Install di layar

Install
×