Aplikasi SiPiter Disosialisasikan kepada ASN Keerom

0 70

Wabup : Penggunaan Aplikasi SIPITER Untuk Tingkatkan Produktivitas, Disiplin, Motivasi dan Pelayanan

KEEROM / LINTASPAPUA — Dalam rangka meningkatkan produktivitas dan displin serta kinerja ASN di lingkungan Pemkab Keerom, maka dilaksanakan sosialisasi penghitungan tambahan penghasilan bagi pegawai dengan berbasis pada aplikasi SIPITER atau Sistem Penghitungan Tambahan Penghasilan Terintegrasi.

Wakil Bupati Keerom, Drs. Wahfir Kosasih, SH, MH, MSi, bersama Selda Keerom, Trisiswanda Indra N, SPT, memimpin kegiatan ini yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Keerom, Senin (14/3/22). Kegiatan sosialisasi dilaksanakan oleh Bagian Organisasi Pemkab Keerom dengan pembawa materi dari bag. Organisa dan penyedia aplikasi dari Optima Multi Sinergi Papua.

Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, dalam sambutan yang disampaikan Wabup, mengemukakan bahwa pemberian tambahan penghasilan pegawai (TPP) ditetapkan oleh Kepala Daerah dengan berpedoman pada PP no 12 tahun 2019 yang mengatur besaran standar satuan biaya TPP wajib memperhatikan aspek efisiensi, efektifitas, kepatutan dan kewajaran serta rasionalitas dan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Besaran pun sangat bervariasi tergantung kemampuan daerah tersebut.

“Ini perlu saya garis bawahi, bahwa pemberian TPP adalah reward berdasarkan kemampuan daerah. Ini perlu disosialiasi, jadi TPP ini bukan hak tetapi reward atas kinerja ASN,”ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pemberian dan penghitungan TPP tahun ini berbeda jika dibandingkan tahun sebelumnya dan mulai aktif diterapkan pada Bulan April ini. Dalam pemberian TPP tahun ini terdapat beberapa prosedur baru terkait teknis penghitungan dan pemotongan pembayaran serta pelaporan kegiatan untuk mendapatkan TPP.

“Hal tersebut ditujukan untuk meningkatkan produktivitas kinerja dari seluruh ASN dilingkup Pemkab Keerom melalui pendekatan reward and punishment dalam pemberian TPP. Secara teknis ada dua hal yang menjadi tuntutan pemenuhan TPP yaitu kinerja dan disiplin,”tegasnya.

Peserta kegiatan ini adalah para asisten, staf ahli dan pimpinan OPD serta kadistrik dan administrator di lingkungan SKPD masing-masing. Tujuan kegiatan agar ASN di lingkungan Pemkab Keerom bisa dan mengerti tentang penerapan aplikasi Sipiter untuk tambahan penghasilan ASN. Sebagai pemateri adalah Kabag Organisasi dan pihak pengembang aplikasi dari Optima Multi Sinergi Papua. ****

Leave a Reply

Install di layar

Install
×