Berdayakan Potensi OAP, LMA Papua Barat Apresiasi Karya Produksi Film Imaji Papua

Head of Imaji Papua, Yulika Anastasia saat menerima penghargaan dari LMA Papua Barat. Penghargaan diberikan oleh LMA Papua Barat karena Imaji Papua dinilai sebagai komunitas yang telah mengangkat Papua melalui film. (Imaji Papua)
0 5

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Serunya Workshop Produksi Film dan Konten Kreatif di Manokwari yang Digelar oleh Imaji Papua Bekerja Sama dengan Top Production, mendapat apresiasi dari Ketua Harian LMA Papua Barat, Franky Umpain.

Berlangsung di Kota Manokwari, Papua Barat, Imaji Papua bekerja sama dengan rumah produksi TOP Production menggelar Workshop Produksi Film Dokumenter dan Konten Kreatif, serta pemutaran film dokumenter Noken Rahim Kedua, nominasi Piala Citra Kategori Dokumenter Pendek Terbaik 2021 FFI.

Kepala Balitbangda Papua Barat, Prof Charlie Heatubun. saat menandatangani Film Animasi Karya Imaji Papua berjudul Jam’u yang disutradarai oleh Jeane Marien. (Imaji Papua)

Kegiatan melibatkan 25 orang peserta yang berasal dari Manokwari, bahkan ada yang datang dari Sorong untuk mendapatkan pengetahuan tentang produksi film dan konten kreatif. Antusiasme peserta terlihat sangat tinggi sepanjang workshop, suasana sangat cair dan menyenangkan selama sesi diskusi dan tanya jawab.

 

Acara yang telah berlangsung dua hari sejak tanggal  21 – 22 Februari 2022, dibuka oleh Kepala Balitbangda Papua Barat, Prof Charlie Heatubun, dihadiri oleh Ketua Fraksi Otonomi Khusus,  George Dedaida, Ketua Harian Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Papua Barat, Franky Umpain, Ketua Dewan Kesenian Papua Barat,  Eli Krey, Asisten III Setda Kabupaten Manokwari, Ibu Mercyana Djalimun, dan forkompinda.

 

Pembukaan kegiatan dimulai dengan Pemutaran Film Dokumenter Noken Rahim Kedua, karya Imaji Papua.

 

Adapun materi yang diberikan yakni Produksi Film Dokumenter, Videografi Dasar, Fotografi, Merancang info grafis menggunakan canva, dan Strategi Branding untuk pemasaran.

 

“Saat ini kita hidup di dunia yang nyaris tanpa sekat dengan adanya digitalisasi. Pengetahuan tentang konten digital menjadi sangat penting agar kita jangan jadi penonton di negeri sendiri, tapi kita juga mampu memproduksi konten kreatif untuk mempromosikan potensi daerah,” demikian sambutan Sidarman, Direktur Top Production.

 

Sementara itu,  Ketua Harian LMA Papua Barat, Franky Umpain mengatakan dipilihnya Pemateri dari Komunitas Imaji Papua dengan alasan kedekatan emosional.

 

“Karya dan prestasi Imaji Papua terbilang cukup menonjol, dan merekalah yang ada disini (Tanah Papua) secara emosi kami merasa lebih dekat dan cukup memahami anak – anak Papua,” terangnya.

 

Workshop Produksi Film Dokumenter dan Konten Kreatif angkatan pertama ini, mendapatkan apresiasi yang baik dari Kepala Balitbangda, Profesor Charlie Heatubun.

“Pembangunan berbasis digital merupakan prioritas. Sudah waktunya dengan adanya revolusi digital berbasis 4.0 pemuda diberikan bekal yang cukup. Atas nama Pemerintah Provinsi Papua barat sangat mendorong generasi muda untuk meningkatkan ketrampilan berbasis digital seperti yang kita lakukan saat ini,” pesannya.

Imaji Papua goes to community kami gagas sebagai kontribusi Imaji Papua dalam literasi digital. Tujuannya adalah berbagi pengalaman semoga bisa menginspirasi Kaum Muda Papua dalam mensiasati era industri 4.0 yang sangat dekat dengan dunia digital. ***

Leave a Reply

Install di layar

Install
×