Selamat Ulang Tahun, Mereka Bicara Tentang Setahun Kepemimpinan Piter – Wahfir di Keerom

0 16

Pemulihan Ekonomi Rakyat (PEN) Jadi Konsentrasi, Perbaikan dan Pembangunan Infrastruktur Diperhatikan, Peningkatan SDM Keerom tak Terlupakan. Kwembo Kentkei Girgura Kentsuwri.

 

KEEROM (LINTAS PAPUA) – Duet Pemimpin Keerom periode 2021–2024 yaitu Bupati, Piter Gusbager SHut, MUP dan Wakil Bupati, Drs. Wahfir Kosasih, SH, MH, MSi, memang telah bekerja keras untuk mewujudkan komitmennya kepada masyarakat Keerom, ada beberapa hal yang telah berhasil dilaksanakan dan juga masih banyak hal lain yang ingin diraih bersama masyarakat.

Namun bagaimanakan penilaian masyarakat atas kinerja keduanya dalam setahun ini, berikut hasil wawancara redaksi dengan beberapa tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan hingga kalangan petani yang memiliki pendapatnya masing-masing. Berikut ungkapan hati mereka :

 

Pdt. Frans Mambrasar, STh, MTh. (Ketua PGGK Kab. Keerom / Ketua Klasis GKI Kab. Keerom).

Saya selaku Ketua PGGK dan juga Ketua Klasis GKI, setelah mengikuti perkembangan dan penatalayanan yang dilakukan Bupati dan Wakil Bupati Keerom selama ini, saya melihat keberhasilannya nampak. Bahkan menurut saya ada beberapa kegiatan besar, kegiatan keagamaan dan pemerintahan yang menurrut saya ini ukurannya sangat maju.

Ketua PGGK Keerom, Pdt. Frans Mambrasar.

 

Kami dari gereja juga merasakan atas keterlibatan beliau dalam kegiatan-kegiatan gereja, demikian pula bapak wakil bupati. Yang pasti, komitmen kami dari gereja akan terus mendukung Bupati dan Wakil Bupati baik dalam pemerintahan maupun dalam penatalayanan.

Saya berharap pemimpin juga dengarlah seruan masyarakat, bila ada hal yang harus dikerjakan, mari bersama kita kerjakan. Tuhan berkati, kinerja Bupati dan Wakil, kami gereja siap dan tulus iklhlas untuk memberi dukungan kepada bupati, wabup dan pemerintah, Tuhan memberkati.

* Pastor Krispinus Bidi SVD (Pastor Dekenat Keerom)

Kita bersyukur Pak Piter dan Pak Wahfir dalam menjalankan tugas kepemimpinan Keerom selama setahun ini telah menjalankan roda pemerintahan dengan baik dan sesuai dengan visi misi yang dicanangkan. Mereka telah melakukan pembangunan yang betul-betul merata, hampir di semua tempat, distrik dan kampung merasakan pembangunan.

Masukkan saya untuk pak Piter-Wahfir bahwa visi misi yang ada sudah mulai dilaksanakan tolong diterus lanjutkan hingga diwujudnyatakan sehingga masyarakat tidak ragu atas kepemimpinan mereka.

Pastor Kris Budi SVD

Kita tahu banyak tantangan, banya pihak, termasuk musuh politik, belum bisa menerima perubahan, mereka masih terikut masih pola lama untuk kepentingan diri dan kelompok, sementara pak Piter ini bekerja untuk masy, tidak melihat orang asli atau bukan, kelompok mayoritas maupun minoritas semua kalangan dan semua agama dirangkul, ini harus dipertahankan.

* Kyai Moh. Dimyati (Ulama/Ketua PC-NU Kabupaten Keerom)

Kami merasa terayomi, senang dengan kepemimpinan bapak bupati dan wakil saat ini. Dalam setahun ini kami bisa katakan senang dengan kepemimpinan beliau, karena sudah memberikan perhatian masyarakat, terutama kalangan keagamaan dan kemasyarakat, beliau terus mengayomi dan bertoleransi dengan semua agama, termasuk islam.

Bupati bahkan bersedia berdialog dengan tokoh agama termasuk dengan islam, dari NU kami merasa bangga dan apresiasi atas hal itu. Soal satu dua orang yang ada tak cocok, sebagai manusia itua wajar, namun secara umum kita merasa bupati bersama kita bersama rakyatnya.

Kyai Moh. Dimyati

Saya berharap hal ini terus ditingkatkan dan menyangkut jalan, kami juga berharap ini menjadi perhatian bupati, karena jalan ini yang utama dan prioritas.

* Yakob Kamar (Tokoh Adat Skofro )

Program bapak bupati sudah berjalan dan terlaksana baik termasuk di kampung Skofro dan juga kampung-kampung lain di Arso Timur. Kami siap dukung program bupati selanjutnya.

Yakob Kamar
Yakob Kamar

Kami juga minta beberapa hal; listrik masuk ke Skofro, BTS indosat yang ada di Skofro tolong diganti Telkomsel, sebagai pintu masuk perbatasan, Kampung Skofro tolong diperhatikan karena bisa timbulkan gangguan kamtibmas kalau tidak dikontrol.

Benediktus Rehwi (Tokoh Adat Sangke)

Kami berikan apreiasi kepada Bupati Keerom karena setahun ini sudah membantu kami di Kampung Sangke. Banyak program dan bantuan yang telah diberikan kepada kami, baik berupa bangunan atau bantuan lain termasuk perhatian saat ada banjir, bapak langsung turun lihat kami di kampung.

Benediktus Rehwi

Sebagai pimpinan daerah, kunjungan bupati ke kampung-kampung untuk membantu pembangunan rumah ibadah, pemberian sembako, tower dan sekarang sudah lancar untuk kami pakai, ini semua kami lihat dengan mata sendiri kepedulian pemimpin, kami berharap kedepan ini dilanjutkan agar seluruh masyarakat merasakan.

* Indra Widianto (Ketua Kelompok Tani Arpat Jaya / Arsopura )

Selamat kepada Bupati dan Wakil Bupati, Bapak Piter Gusbager dan Bapak Wahfir, atas setahun memimpin Keerom. Saya selau ketua Kelompok tani menyampaikan terimakasih. Karena selama beliau menjabat bantuan bagi kelompok tani kami nyata adanya, kami baru kali ini merasa diperhatikan oleh seorang kepala daerah.

Indra Widianto

Bantuan mobil Blakos sangat bermanfaat bagi kelompok tani kami, karena hasil panen bawang yang selama ini kami angkut dengan sepeda motor biasa bekerja sampai sore, kini dengan mobil blakos pekerjaan bisa selesai lebih cepat sehingga waktu yang ada bisa untuk kegiatan tani produktif lainnya.

Kedepan kami harap bupati juga memberikan perhatian kepada sektor lain diluar bidang pertanian. Kami juga berharap agar jalan di Skanto jadi prioritas, karena ini jalan yang dipakai oleh seluruh masyarakat dan semua kalangan.

* Yahya Sauri (DPRD Keerom)

Saya rasa bupati dan wakil ini luar biasa, karena baru bekerja setahun ini tapi kita rasakan bahkan seperti sudah lima tahun bekerja. Karena masyarakat di tapal batas di kampung-kampung beliau bisa kunjungi. Langkah bupati sudah jauh, tindakan cepat dan kebijakan bagus, kami apresiasi.

Kami dari DPRD juga jadi semangat dalam bekerja karena bupati dan wakil bupati juga semangat dalam bekerja. Kita berharap bupati bisa selesaikan visi dan misi yang bagus ini hingga selesai periode ini dan selanjutnya.

Yahya Sauri

Masukan untuk bupati, kami dari wilayah atas usul untuk Bupati perhatikan masalah infrastruktur dasar seperti jalan dan jembatan serta pendidikan dan kesehatan, juga beberapa gereja diatas ini banya yang belum dapat perhatian dan kurang layak.

* Trisiswanda Indra (Sekda Keerom)

Setahun ini Bupati dan Wakil terus berkomitmen untuk melaksanakan visi dan misi, diantaranya melakukan percepatan dan pemerataan pembangunan. Banyak wilayah, kampung dan distrik sudah dikunjungi. Yang belum juga akan dikunjungi dalam waktu dekat ini, seperti Kaisenar dan sekitarnya.

Kunjungan ini pun melahirkan beberapa kebijakan seperti beberapa langkah untuk mengatasi kelangkaan tenaga guru dan Nakes di wilayah atas. Keduanya masuk kategori ASN khusus aakan mendapat perhatian untuk yang bertugas di daerah terpencil.

Sekda kabupaten Keerom, Trisiswanda Indra

Percepatan dan pemerataan ini juga perlu ditunjang dengan tata kelola pemerintahan yang baik dan benar. Maka dalam waktu dekat bupati akan melantik pejabat eselon II yang kemudian akan membantu bupati dan wakil untuk mewujudkan visi dan misi Pemkab Keerom tahun 2021-2026 yaitu Keerom Bangkit yang inovatif, Bermartabat, Mandiri, Bermartabat dan Berkelanjutan.

* Ibu Evelin Indra (pedagang/ UMKM)

Sudah lama kami inginkan ada pemimpin seperti ini. Bapak bupati mau turun langsung melihat kami pedagang UMKM yang ada di kampung-kampung bahan menyerahkan bantuan secara langsung.

Ibu evelin

Bupati juga berpesan agar kami menjadi penggerak ekonomi keluarga, penggerak ekonomi kampung. Kami siap, dan terimakasih atas dukungan bapak bupati kepada kami.

* Samuel Ibe ( Tokoh Pemuda /Ketua KNPI Keerom)

Kepemimpinan Bupati dan Wakil telah berjalan baik, banyak program telah dicanangkan dan dilaksanakan, mulai dari pemberian beasiswa, bantuan mobil blakos, alat pertanian, sembako, UMKM dll.

Samuel Ibe

Samping itu program program lain, penataan pemerintahan, semua berdamak positif bagi pembangunan. Perubahan perubahan terus dilakukan, kami sampaikan apresiasi atas hal tersebut.

Saya juga berharap kita semua dukung bupati bekerja, kritik boleh tapi dalam kerangka konstruktif atau membangun, jangan untuk menjatuhkan yang justru akan menimbulkan perpecahan dan mengganggu pembangunan. (Arief Nugroho  / lintaspapua.com)

Leave a Reply

Install di layar

Install
×