Mantapkan Pekan Olahraga Kabupaten II Tahun 2022, KONI Kab. Jayapura Gelar Rakerkab

Nampak suasana Rapat Kerja Kabupaten (Rakerkab) Tahun 2022 yang digelar KONI Kabupaten Jayapura, di Guest House Haola, Kompleks Perumahan BTN Permata Hijau, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis 24 Februari 2022. (irfan  / lintaspapaua.com)
0 2

SENTANI (LINTAS PAPUA)  –  Guna membahas program kerja tahun 2022 dan sekaligus dalam rangka persiapan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Kabupaten Jayapura ke- II tahun 2022 mendatang, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Jayapura Rapat Kerja Kabupaten (Rakerkab) dan Rapat Koordinasi (Rakor) selama dua hari, Kamis 24 Februari 2022 dan Sabtu 25 Februari 2022.

Rakerkab yang digelar di Guest House Haola Kompleks Perumahan BTN Permata Hijau, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura itu dibuka oleh Ketua Umum KONI Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., secara virtual.
Turut dihadiri perwakilan KONI Provinsi Papua, Anggota DPRD Kabupaten Jayapura, unsur Forkompimda, para Kepala OPD di lingkup Pemkab Jayapura, para Kepala Distrik, pengurus KONI Kabupaten Jayapura, para Ketua dan Pengurus cabang olahraga (Cabor) se- Kabupaten Jayapura, para Ketua Koordinator Olahraga Distrik, serta peninjau.

Ketua Umum KONI Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., dalam sambutannya menyampaikan rapat kerja kabupaten diselenggarakan sesuai dengan Pasal 34 Anggaran Dasar dan Pasal 37 ayat (5) Anggaran Rumah Tangga KONI. Di mana, rapat kerja kabupaten diselenggarakan sekali dalam setiap satu tahun dalam rangka meminta laporan pelaksanaan kegiatan program kerja dan laporan keuangan satu tahun yang sudah berjalan.

“Kemudian, membahas serta merencanakan program kerja tahun yang akan berjalan dengan memutuskan hal-hal yang dianggap perlu sesuai dengan kebijakan dan perkembangan pembinaan olahraga prestasi,” kata Mathius Awoitauw yang juga Bupati Jayapura itu pada pembukaan Rakerkab dan Rakor KONI Kabupaten Jayapura, Kamis 24 Februari 2022 siang.

Lanjutnya mengatakan, tujuan dilaksanakannya rapat kerja kabupaten adalah melaporkan kepada anggota tentang kinerja KONI Kabupaten Jayapura selama tahun kerja yang sudah dilewati di tahun 2021. Serta, melakukan evaluasi kinerja dengan membahas dan menetapkan program kerja dan anggaran KONI di tahun 2022.

“Menetapkan pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi dengan membahas dan memutuskan hal-hal yang dianggap perlu sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan olahraga,” katanya.

Diharapkan, dari pelaksanaan rapat kerja kabupaten ini bisa menghasilkan kesamaan persepsi untuk kerja sinergitas dan komunikatif antara KONI dengan cabang olahraga, serta saling mendukung dalam menciptakan iklim pembinaan olahraga untuk meningkatkan prestasi atlet.

Selain itu, kata Mathius, dapat menghasilkan butir-butir dan solusi terhadap semua strategi yang dapat memberikan jalan menuju kesuksesan. Baik itu, pemusatan latihan atlet ke depan setelah pelaksanaan Porkab II tahun 2022 dan menuju Porprov Papua tahun 2022.

“Kami masyarakat olahraga di Kabupaten Jayapura harus merasa berterima kasih dengan penyelenggaraan PON XX, kami banyak mendapat manfaat dengan terbangunnya sarana dan prasarana olahraga yang luar biasa untuk kita gunakan demi pembinaan dan pengembangan peningkatan prestasi atlet ke depan,” imbuhnya.

“KONI Kabupaten Jayapura pada pelaksanaan PON XX Papua tahun 2021 lalu memberikan jumlah atlet terbanyak, juga pelatih dan manajer bagi KONI Provinsi Papua. Maka dari semangat PON XX itu, kami dari KONI Kabupaten Jayapura harus mampu dan bisa melahirkan atlet-atlet berprestasi dan terbaiknya untuk persiapan atlet menuju Porprov Papua 202 dan PON XXI Aceh-Sumut 2024 nantinya. Dalam pembinaan atlet berprestasi ke depan, dari hasil rapat kerja kabupaten (Rakerkab) KONI Kabupaten Jayapura tahun 2022 ini,” ujar Mathius menambahkan.

Sementara itu, Ketua Harian KONI Kabupaten Jayapura Korneles Yanuaring mengatakan selain melaksanakan rapat kerja kabupaten (Rakerkab), KONI Kabupaten Jayapura juga melaksanakan rapat koordinasi atau konsolidasi.

“Ada 34 cabang olahraga di KONI Kabupaten Jayapura dengan mengirim masing-masing tiga perwakilan terdiri dari ketua, sekretaris dan bidang prestasi dari setiap cabor, juga pengurus KONI Kabupaten Jayapura. Sedangkan, untuk peserta rapat koordinasi dan konsolidasi dihadiri setiap cabang olahraga masing-masing tiga orang, kemudian ditambah dengan Kepala Distrik, ketua koordinator KONI Distrik, serta dinas-dinas terkait di lingkungan Pemkab Jayapura,” kata mantan Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Jayapura tersebut.

Selain mendengarkan laporan ketua umum KONI tentang kegiatan KONI di tahun sebelumnya, kemudian kami membahas program kerja tahun 2022 termasuk di dalamnya ada pelaksanaan Porkab II Kabupaten Jayapura tahun 2022 dan juga persiapan Kabupaten Jayapura sebagai salah satu tuan rumah dalam pelaksanaan Porprov Papua tahun 2022 nanti. Setelah itu, ada pembahasan konsolidasi Cabor-cabor dan ketiga itu kami bahas soal estimasi anggaran di tahun 2022,” tambahnya.
Begitupun juga dengan anggaran Porkab II dan Porprov dibahas dalam rapat kerja kabupaten ini. Sedangkan materi yang sudah diputuskan itu sebanyak 12 materi yang dibahas dalam rapat kerja kabupaten tersebut.

Untuk diketahui, dalam pelaksanaan rapat kerja kabupaten (Rakerkab) dan rapat koordinasi (Rakor) KONI Kabupaten Jayapura tahun 2022 ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, setiap peserta rapat kerja kabupaten diwajibkan menggunakan masker, terus diperiksa suhu tubuh dan memakai hand sanitizer, serta saat mengikuti pelaksanaan rapat kerja kabupaten diatur jarak tempat duduk antara peserta satu dengan peserta lainnya. (Irf)

Leave a Reply

Install di layar

Install
×