Bapenda Merauke Kembali Terapkan Parkir Berlangganan  

0 0

MERAUKE – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Merauke, Papua menerapkan kembali retribusi parkir berlangganan kendaraan bermotor dalam tahun ini.

Kepala Bapenda Merauke, Majinur mengatakan, penerapan kembali parkir berlangganan dilakukan untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) setempat.
“Beberapa tahun lalu parkir berlangganan pernah kita terapkan, dan berkontribusi untuk PAD. Tahun ini kita berlakukan kembali,” kata Majinur, Senin (14/02).
Dalam penerapannya, Bapenda bekerja sama dengan Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) dan Dinas Perhubungan setempat.
“Retribusi parkir berlangganan ini dipungut setelah ditandatangani perjanjian kerja sama antara Pemkab Merauke dan Pemprov Papua,” tuturnya.
Majinur mengungkapkan, potensi penerimaan PAD melalui retribusi parkir sangat besar, hanya saja pengelolaannya belum ditata dan dijalankan secara baik dan jujur.
“Ada juru parkir yang memakai sistem keluarga. Contohnya, juru parkir asli mengijinkan anggota keluarganya untuk menggantikan dia, lalu tidak dilakukan penyetoran. Ini tidak boleh terjadi dan perlu pengawasan di lapangan,” ujarnya.
Bapenda Merauke menargetkan pendapatan parkir berlangganan tahun 2022 sebesar Rp700 juta. Warga akan membayar retribusi parkir ini saat pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kantor Samsat.
“Untuk kendaraan roda dua besaran parkirnya Rp45 ribu per tahun dan roda empat Rp110 ribu per tahun,” tandasnya. (***)

Leave a Reply

Install di layar

Install
×