Buka Latsar CPNS, Sekda Hanna Hikoyabi  Harap Peserta Latsar CPNS Harus Dibekali Hal-hal Pokok

Nampak para peserta pelatihan dasar bagi ratusan CPNS Tahun 2018 Golongan II dan Golongan III Tahun Anggaran 2022. (irfan  / lintaspapua.com)
0 35

SENTANI (LINTAS PAPUA) –  Sekda Kabupaten Jayapura, Hanna Hikoyabi mengharapkan seluruh peserta Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS diberikan materi hal-hal pokok yang harus diikuti, diemban dan dipahami oleh ratusan CPNS yang baru ini.

Hal tersebut disampaikan Sekda Hanna usai membuka Pelatihan Dasar (Latsar) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018 Golongan II dan III Tahun Anggaran 2022 di Lingkungan Pemkab Jayapura, yang berlangsung di Istora Papua Bangkit, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Senin (7/2/2022).

“Dengan adanya Latsar kepada CPNS yang jumlahnya 600-an ini, kami harap bisa dibekali hal-hal pokok yang harus diikuti, diemban dan dipahami oleh CPNS yang baru ini. Sebab, banyak masyarakat yang mengontrol kita saat melaksanakan tugas-tugas dan kerja-kerja sebagai PNS, baik di kampung-kampung, distrik dan kabupaten,” kata Sekda Hanna.

“Ada citra yang buruk dari PNS, maka hal-hal pokok yang harus dibekali di dalam Latsar ini. Baik itu, etika, moral dan kejujuran serta rasa pemersatu yang kurang untuk daerah maupun secara nasional itu harus dipupuk. Supaya rasa kebangsaan dan juga rasa cinta daerah itu tumbuh bersama-sama agar PNS ini dapat bekerja dengan baik dan beretika,” tambahnya.

Ia juga menekankan, bahwa sebagai abdi negara, PNS itu tidak mengonsumsi minuman keras (Miras), juga tidak membuat kekacauan, rajin, disiplin dan dengan tulus memberikan pengabdian kepada masyarakat.

“Yang penting itu, kamu tidak mabuk-mabuk dan juga tidak kacau-kacau sebagai PNS, rajin, disiplin dan bekerja dengan baik,” sebut Sekda.
Setelah resmi menyandang PNS, para CPNS yang mengikuti pelatihan dasar atau Latsar ini diminta Sekda untuk bekerja dengan baik, jujur dan beretika sebagai abdi negara.

“Jadi mereka harus rajin bekerja untuk melayani masyarakat, punya jiwa melayani dan jiwa profesional sebagai seorang PNS,” pesan Hanna Hikoyabi.
Latsar CPNS Tahun 2018 Golongan II dan III Tahun Anggaran 2022 yang diselenggarakan oleh BKPSDM Kabupaten Jayapura ini diikuti oleh 639 orang, yang terdiri dari Golongan II sebanyak 239 orang dan Golongan III sebanyak 400 orang.
Pembekalan peserta Latsar bagi CPNS di lingkungan Pemkab Jayapura akan diberikan di Balai Diklat Provinsi Papua dan Kabupaten Jayapura selama 4 (empat) bulan lamanya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Jayapura, Alex Rumbobiar menjelaskan, pelatihan dasar CPNS ini diikuti lebih banyak golongan III.
Pelaksanaan Latsar CPNS ini sesuai dengan kurukulum baru yang akan berlangsung selama 20 hari. Setelah itu, dilanjutkan dengan materi lain di Balai Pertanian Provinsi Papua.

“Kami mengharapkan 639 orang CPNS ini, bisa mengikuti pendidikan hingga bulan April atau Mei 2022 mendatang. Kami juga harapkan peserta Latsar ini bisa disiplin dan sungguh-sungguh ikut semua rangkaian kegiatan selama Latsar,” katanya.

Latsar ini merupakan kerjasama atau pola kemitraan BKPSDM Provinsi Papua dengan BKPSDM Kabupaten Jayapura. Dalam pelatihan dasar ini, seluruh peserta Latsar wajib menerapkan protokol kesehatan tanpa terkecuali. Karena kasus Covid-19 masih ada ditemukan di Kabupaten Jayapura dan wilayah lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, para kepala dinas seperti Kepala Bappeda Parson Horota, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Abdul Rahman Basri, Kepala Dinas Dukcapil Herald J. Berhitu, Kepala DPMK Elisa Yarusabra serta Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Theophilus H. Tegay. (Irf)

Leave a Reply

Install di layar

Install
×