Persiapkan Pembelajaran 2021 – 2022, SMP YPK Hedam Abepura Gelar In House Training Bagi Para Guru

Suasana Kegiatan In House Training Oleh Para Guru SMP YPK Hedam Abepura. (Mozes / Lintaspapua.com)
0 24

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan mutu kualitas guru di sekolah, khususnya di SMP YPK Hedam Abepura maka, pihak sekolah SMP YPK Hedam Abepura menggelar In House Training bagi para bapak/ibu guru selama tiga hari, yaitu tanggal 26-28 Januari 2022.

Kegiatan tersebut, dibuka oleh Kepala Sekolah SMP YPK Hedam Abepura, Abraham Fainsenem, M.Pd, Sementara dua pemateri masing-masing, Langgau, M.Pd., Pengawas Pembina Sekolah, dari Dinas Pendidikan Kota Jayapura dan Carolina Watum, M.Pd dari Pengawas YPK Di Tanah Papua, Khusus di Kota Jayapura.

Kepala Sekolah SMP YPK Hedam Abepura Kota Jayapura, Abraham Fainsenem, M.Pd, saat ditemui disela-sela kegiatan In House Training mengatakan bahwa,
Tujuan IHT adalah agar guru bisa mempersiapkan perangkat lengkap pembelajaran ditahun 2021-2022, kemudian untuk meningkatkan 8 standard pelayanan internal. Dari 8 standar pelayanan tersebut akan dilihat mana yang suda dilakukan dan mana yang belum dilakukan, itu yang mungkin menjadi konsen guru-guru saat ini.
Fainsenem menambahkan, IHT ini tentu sangat penting sebagai salah satu dari CPD (Continuous Profesional Development) yang harus senantiasa dilakukan oleh guru untuk menjaga kualitas mereka.

“Kita harus mengikuti perkembangan zaman, dimana perkembangan pendidikan dinegara kita ini, guru harus ikuti dari waktu ke waku, karena dari materi yang disampaikan tadi oleh pemateri membuktikan bahwa banyak sekali hal-hal baru yang oleh pemerintah harus kami sesuaikan dalam melaksanakan proses belajar mengajar disekolah,” terangnya.

Sementara itu, Pengawas YPK Di Tanah Papua, Khusus di Kota Jayapura, Charolina A.Watum, M.Pd, berharap melalui kegiatan In Hause Training yang digelar selama tiga hari di sekolah SMP YPK Hedam, agar guru-guru boleh mereview semua perangkat pembelajaran mereka, sehingga perangkat ini boleh digunakan pada saat guru mengajar secara dariing dan juga secara tatap muka.


Charolina A.Watum, M.Pd, yang berkesempatan memberikan materi kepada bapak/ibu guru mengungkapkan, kegiatan In House Training penting untuk meningkatkan mutu kualitas guru.

“Oleh sebab itu,  sejak dini harus mempersiapkan perangkat-perangkat pembelajaran untuk awal semester genap tahun pelajaran 2021-2022,” lanjutnya.

Ia menjelaskan, ada 7 sekolah Yayasan Pendidikan Kristen di Kota Jayapura yang menjadi binaannya. Sehingga setelah IHT di SMP YPK Hedam, maka minggu depan akan di gelar di sekolah lain.

“Saya ditunjuk untuk membina 7 sekolah Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) di Kota Jayapura, dimana SMP ada 4 sekolah, dan SMA 1 Sekolah, SMK ada 2 sekolah. Kegiatan hari ini juga adalah yang kedua kali setelah di SMP YPK Diaspora Kota Raja, SMP YPK Hedam dan minggu depan di SMP YPK Sion Dok. 8.” jelasnya.

Pada kesempatan terpisah, Pengawas Pembina Sekolah, Dinas Pendidikan Kota Jayapura, Langgau, M.Pd, kepada media ini mengatakan, bahwa materi yang diberikan kepada bapak/ibu guru di SMP YPK Hedam Abepura adalah terkait 8 (delapan) standar Nasional Pendidikan dalam bentuk tim penjamin mutu pendidikan sekolah.

“Dimana kami berusaha mengerjakan atau memperkenalkan buku-buku yang suda disiapkan dari LPMP yaitu ada 10 buku dimana 8 standar dan akan ditindak lanjuti pada kelengkapan-kelngkapan, formolir-formolir atau tugas-tugas yang ada didalamnya dan mulai hari ini sampai beberapa hari kedepan,” katanya.

“Walaupun suda normal masuk sekolah seperti biasa, tetapi selama selang waktu itu tetap dilengkapi atau dikerjakan, karena aka ada kegiatan kedepan seperti kegiatan Supervisi akademik, supervise Manajerial, yang direncanakan bulan februari untuk sekolah SMP YPK di kota Jayapura yang menjadi binaan kami,” katanya. ***

Leave a Reply

Install di layar

Install
×