Motivasi Kehidupan : Jadilah Teman Baik Anak Anda

BERSUKACITA DALAM KASIH ALLAH (mauliutus.org)
0 12

JADILAH TEMAN BAIK ANAK ANDA

“Barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil yang percaya ini, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia dibuang ke dalam laut.” (Markus 9:42)

Kita sangat suka anak kita berprestasi, kita senang mempunyai anak jenius yang selalu menjadi juara di kelas. Namun ternyata berdasarkan survey dan pengalaman anak yang paling berprestasi disekolah, tidak selalu menjadi anak yang nantinya tersukses di kehidupan.

Itu sebabnya jangan terlalu memaksa anak dengan segala les yang melelahkan. Karena kesuksesan di kehidupan ternyata lebih ditentukan oleh karena anak-anak mendapat kasih sayang yang baik dari orangtua, dan mempunyai waktu bermain dan bersosialisasi dengan teman-teman seusianya.

Hingga pada akhirnya ia tumbuh menjadi anak yang tidak egois dan tidak susah bergaul tetapi dapat menjadi anak yang mudah bersosialisasi. Ini semua adalah modal dasar ketika mereka berhadapan dengan masyarakat di dalam dunia kerja nantinya, di mana mereka menjadi manusia yang mudah bekerja sama dengan orang lain. Selain itu nilai-nilai yang baik yang ditanamkan sejak usia dini dan remaja akan menentukan pembentukan karakter anak secara baik.

Hari-hari ini tantangan anak remaja kita sangatlah berat, lebih berat dari zaman kita sebagai remaja. Itu sebabnya orang tua harus dapat menolong dan mendampingi anaknya untuk dapat melewati masa sulit mereka baik masa anak- anak maupun masa remaja mereka. Jadilah teman terbaik bagi anak anak Anda. Guru Sekolah Minggu di gereja dan guru di sekolah mempunyai waktu yang terbatas untuk menanamkan nilai-nilai yang benar di dalam kehidupan mereka.

Peran orang tua di rumahlah yang lebih dominan. Itu sebabnya orang tua harus dapat menyiapkan waktu untuk anak remajanya. Sekali lagi dengan hanya memberikan sekolah yang baik tanpa memberikan kehangatan dan kasih sayang kepada anak-anaknya maka tanpa sadar orang tua telah mengarahkan anaknya untuk lebih dipengaruhi oleh dunia pergaulan yang tidak baik yang ada di luar rumah.

Hal yang lain adalah masa sekarang ini baik orang tua maupun anak terlalu sibuk, masing-masing sibuk dengan smart phonenya. Smart Phone dengan semua aplikasinya awalnya memang sangat membantu, namun pada akhirnya banyak menyita waktu baik orang tua maupun anak remajanya.

Mereka mulai kecanduan game, juga aplikasinya seperti Facebook, instagram, TikTok dan lain lain. Semua ini telah merubah prilaku manusia sehingga dapat “mendekatkan yang jauh tetapi juga menjauhkan keluarga yang dekat”.

Bahaya yang terbesarnya adalah jika sebagai orang tua Anda tidak punya waktu untuk anak Anda, maka suatu saat anak Anda akan bertumbuh sebagai anak yang anti sosial, cuek. Bahkan sering terjadi orang tuanya lagi dalam kesusahan mereka tidak punya empati. Saran saya, punyai waktu dengan anak Anda, jadilah teman terbaiknya, sebelum semua terlambat. Anda setuju? (DD)

Questions:
1. Apakah Anda punya waktu yang baik dengan anak Anda?
2. Menurut Anda pentingkah menjadi teman terbaik anak Anda? Mengapa?

Values:
Hubungan harmonis orang tua dan anak adalah budaya yang terutama dalam Kerajaan, itu sebabnya kita memangil Bapa kepada Tuhan kita.

Kingdom Quote:
Anak panah yang terbaik sekalipun tak akan berguna tanpa busur yang kuat. Jadilah Busur panah yang lentur dan kuat, bagi anak-anak panah Anda.

===
“Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit, maka hal itu akan diberikan kepadanya.”
__ Yakobus 1.5

HIKMAT!
Kebijaksanaan adalah kualitas yang kita hormati dalam diri orang lain; namun sulit untuk dipahami dan dikembangkan dalam diri kita sendiri. Namun Tuhan menjanjikannya kepada mereka yang benar-benar meminta.

Ingat rahasia cara MEMINTA — yaitu dengan meminta, mencari, dan mengetuk. Hikmat dan Kebijaksanaan adalah milik kita hanya jika kita sungguh-sungguh mencarinya melebihi semua kekayaan dan hal lain yang dapat ditawarkan dunia.

Tuhan rindu untuk memberikannya, tetapi ada sesuatu tentang kebijaksanaan spiritual yang menuntut kita untuk menghargainya sebelum kita dapat menerimanya. (King’s Sword, Senin, 24 Januari 2022)

 

Leave a Reply

Install di layar

Install
×