Mengatasi Ketakutan : Ketahuilah Bahwa di Dalam TUHAN Selalu Banyak Jalan Keluar

0 1

🍁MENGATASI KETAKUTAN🍁

Ia berkata kepada mereka:Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya? Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu maka danau itu menjadi teduh sekali. Matius 8:26

Rasa takut itu normal. Semua org bisa mengalami rasa takut. Namun jangan sampai ketakutan menguasai dan menghimpit diri kita. Kata takut dalam KBBI memiliki arti:
1. merasa gentar (ngeri) meng hdpi sesuatu yang dianggap akan mendatangkan bencana; 2) takwa, segan, dan hormat; 3) tidak berani (berbuat, menempuh, menderita, dsb); 4) gelisah; kuatir (kalau …). Apa yang menjadi penyebab ketakutan? Bagaimana jalan keluarnya? Mari kita belajar bersama hal mengatasi ketakutan.

Yang pertama, apa penyebab ketakutan? – Mat 8:26. Penyebab ketakutan dapat beraneka ragam. Serangan ketakutan pun dapat terjadi setiap saat. Kurang percaya menyebabkan kita menjadi takut dan ketakutan. YESUS bertanya mengapa para murid-NYA takut. YESUS mendapati bahwa para murid-NYA sempat goyah imannya karena badai yang sedang terjadi.

 

Apa lagi yang menyebabkan ketakutan? Takut gagal, ketidakpastian, kesepian, ketidakmampuan, penyakit, dan sebagainya dapat menyebabkan kita menjadi takut dan ketakutan. Apakah Anda sedang merasakan hal ini? Orang yang terus menerus hidup dalam ketakutan akan mengalami dampak kehidupan yang buruk seperti: jantung berdebar keras, keringat dingin, sakit perut, otot tegang, tekanan darah tinggi, susah tidur, dan sebagainya. Apakah Anda sedang mengalami ini dan tersiksa dengan hal ini?

Yang kedua, bagaimana jalan keluarnya? Ketahuilah bahwa di dalam TUHAN selalu banyak jalan keluar, sebab TUHAN sendiri adalah JALAN KEHIDUPAN dan JALAN KELUAR. Hal yang sangat penting dalam kehidupan kita adalah belajar percaya kepada TUHAN dengan sungguh-sungguh. Kemudian, kita juga harus belajar untuk tenang dan menguasai diri.

Selanjutnya kita harus mencari apa penyebab ketakutan itu dan mulai menghadapinya dengan hikmat dari TUHAN. Lalu kita harus belajar menjadi diri sendiri. Karena kurang percaya diri sering kali mendorong kita untuk menjadi seperti orang lain. Kita juga harus berhenti membandingkan diri kita dengan orang lain.

Setiap orang diciptakan TUHAN secara unik, istimewa dan khusus dengan tujuan yang berbeda antara satu dengan yang lain. Jadi seharusnya kita menjadi diri sendiri dan berhenti membandingkan diri kita dengan orang lain. Mari jangan pernah meremehkan rasa takut. Rasa takut yang tidak segera diatasi akan menjadi ketakutan. Kita harus hadapi dan atasi ketakutan kita bersama dengan TUHAN yang selalu siap memberi jalan keluar bagi kita. Apakah Anda masih hidup dalam ketakutan? Sudahkah Anda mengatasi ketakutan Anda? (DW)

Questions:
1. Apa yang menjadi penyebab ketakutan?
2. Bagaimana jalan keluar dari ketakutan?

Values:
Seorang Warga Kerajaan Allah adalah pribadi yang mau sungguh-sungguh percaya dan berserah kepada Allah.

Rasa takut itu normal. Ketakutan dihasilkan dari rasa takut yang berlebihan. Belajarlah percaya dan berserah kepada TUHAN dengan sungguh-sungguh. Jadilah diri sendiri dan belajar tenang serta menguasai diri.

“Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.”
__ Matius 7.12

Ayat ini merupakan Golden Rule (prinsip emas) dalam kehidupan orang percaya. Bayangkan betapa berbedanya dunia ini jika kita mempraktekkan prinsip ini — tidak hanya dalam “kehidupan gereja” kita tetapi dalam kehidupan kita sehari-hari: dengan keluarga kita, dengan rekan kerja dan majikan kita, dengan orang-orang yang kita kelola, dengan orang-orang di jalan bebas hambatan dan di lingkungan tempat kita berkendara, dan orang lain yang melayani kita.

Betapa indahnya dunia ini jika Prinsip Emas ini kita praktekan. Mari kita mengubah dunia ini dengan itu prinsip emas ini, mulai hari ini !. (Disadur Dari Sharing WhatsApp Hamba Tuhan)

Leave a Reply

Install di layar

Install
×