Adolf Yoku Resmi Dilantik Pimpin Kontak Tani Nelayan Andalan, Inilah Pesan Kadis TPH David Zakaria

Adolf Yoku, SP, MM. , saat menjadi Ketua Panitia Tim Apkasi Otonomi Expo 2018 Tingkat Kabupaten Jayapura yang juga Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura pada waktu itu. Kini Dipercayakan Memimpin KTNA Kabupaten Jayapura.(irfan / lintaspapua.com))
0 2

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, David A. Zakaria, menghadiri acara pelantikan Pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Jayapura 2022-2026, yang dinahkodai Adolf Yoku, S.P., M.M., Kamis (20/1/2022), yang berlangsung di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, David A. Zakaria. (irfan / lintaspapua.com)

Usai pelantikan, Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura, David A. Zakaria menyampaikan, kelompok tani nelayan andalan atau KTNA merupakan organisasi masyarakat yang bersifat independen yang berorientasi pada kegiatan sosial ekonomi dan budaya dilingkup pertanian. Selain itu, KTNA juga berfungsi sebagai wadah musyawarah petani-nelayan maupun mitra kerja pemerintah dalam pembangunan pertanian.

“KTNA ini adalah salah satu wadah perhimpunan bagi petani-nelayan andalan. Jadi setiap provinsi hingga kabupaten/kota itu ada organisasi masyarakat KTNA nya masing-masing. Untuk Kabupaten Jayapura, periode atau masa bhakti 2022-2026 itu kepengurusannya yang baru telah dibentuk pada saat Rembug Paripurna KTNA Kabupaten Jayapura, yang kami laksanakan di Hotel Grand Papua Sentani di Jalan Sosial,” ujarnya.

“Nah, hasil dari rembug tersebut, terbentuk lah kepengurusan baru dengan pengurus inti dan bidang-bidang nya dengan jumlah sebanyak 56 orang yang dilantik hari ini dan di ketuai oleh bapa Adolf Yoku yang merupakan mantan Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura,” tambah David Zakaria.

Ditegaskan juga David Zakaria, KTNA sebagai organisasi masyarakat atau wadah musyawarah petani-nelayan yang bermitra dengan pemerintah daerah, dalam rangka mensukseskan kegiatan pembangunan di sektor pertanian.

“Di dalamnya itu ada perkebunan, peternakan, kemudian sub sektor tanaman pangan dan hortikultura dan juga sektor perikanan darat maupun kelautan. Pengurus KTNA yang dilantik ini adalah orang-orang yang terpilih dari masing-masing sub sektor, untuk menjadi motivator dan juga sebagai inspirator dalam rangka meningkatkan usaha produktivitas hasil-hasil pertanian secara umum.
Selain itu, kata David, Pemkab Jayapura akan menunggu sumbangsih KTNA untuk kemajuan para petani dan nelayan di kabupaten tersebut.

“Untuk itu, pemerintah daerah sudah berkomitmen untuk bekerjasama dan juga bersinergi dengan wadah (KTNA) ini. Supaya kelompok kontak tani nelayan ini bisa berkontribusi kepada pemerintah daerah dalam pembangunan pertanian. Menjadi catatan penting dan pekerjaan rumah bagi pengurus KTNA yang baru dilantik ini, mereka terpanggil dan terbebani untuk ikut membantu percepatan-percepatan pembangunan pertanian secara luas di daerah ini,” katanya.

“Oleh sebab itu, mereka masuk untuk bekerjasama dan mendukung program maupun kegiatan yang ada di dalam APBD Kabupaten Jayapura tahun anggaran 2022 secara khusus kami di Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura,” sambungnya.

Program dan kegiatan di Dinas TPH Kabupaten Jayapura seperti pengembangan produksi buah-buahan dan sayur-sayuran. Kemudian program atau kegiatan di tanaman pangan itu berupa jagung, padi dan juga kedelai. “Jadi semua program dan kegiatan ini akan bekerjasama dengan para pengurus KTNA tersebut. Sementara tanggung jawab besar yang dipikul oleh para pengurus KTNA yang baru itu, bagaimana meningkatkan produktivitas daripada tanaman spesifikasi lokal yaitu, umbi-umbian dan sayuran lokal,” beber David Zakaria diakhir wawancaranya.

Untuk diketahui, pelantikan ketua dan pengurus KTNA Kabupaten Jayapura masa bhakti 2022-2026 ini dilakukan oleh perwakilan KTNA Provinsi Papua, Ny. Ir. Sinta Saragih. (Irf)

Leave a Reply

Install di layar

Install
×