Nadiem Makarim Puji Polinef FakFak, “Pertama dan Satu-satunya Inkubasi Bisnis dan Teknologi di Tanah Papua”

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nadiem Makariem menyampaikan pujian kepada Politeknik Negeri Fakak, Papua Barat atas Peluncuran Inkubasi Bisnis dan Teknologi Mahasiswa (IBT) yang dinamakan Krakiminah. (ISTIMEWA)
0 4

FAKFAK (LINTAS PAPUA) –  Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Nadiem Anwar Makarim menyampaikan pujian kepada Politeknik Negeri Fakak, Papua Barat atas Peluncuran Inkubasi Bisnis dan Teknologi Mahasiswa (IBT) yang dinamakan Krakiminah.

Hal itu disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Nadiem Makarim,  melalui video dalam acara Peresmian Pusat Inkubasi Bisnis dan Teknologi, Politeknik Negeri Fakfak (Polinef) yang diselanggarakan pada Kamis 20 Januari 2022 di Auditorium Kampus Politeknik Negeri Fakfak.

“Saya menyampaikan rasa bangga dan apresiasi saya, atas dibangun dan diluncurkannya Pusat Inkubasi Bisnis dan Teknologi Politeknik Negeri Fakfak untuk mendukung terciptanya wirausahawan muda di Papua mendukung filosofi Merdeka Belajar. Ini juga merupakan kebanggaan karena menjadi Politeknik Pertama dan satu-satunya di Tanah Papua yang memiliki pusat inkubasi ini,” Ungkap Nadiem Makarim dalam video.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Nadiem Makariem. (ISTIMEWA)

Sejumlah tokoh penting seperti Direktur Pengembangan SDM Direktorat Jenderal Vokasi Kemendikbuddikti Bapak  Henri  Togar  Hasiholan  Tambunan,  Stafsus Presiden RI, Billy  Mambrasar, Bupati  Fakfak  Bapak  Untung  Tamsil, Ketua DPRD Kabupaten FakFak, Para Direktur Politeknik se- Indonesia dan Ketua Asosiasi Politeknik Indonesia hadir langsung dalam acara tersebut.

Ratusan peserta yang terdiri dari civitas akademika Polinef dan undangan lainnya juga turut memeriahkan acara peresmian ini.

Adapun IBT Polinef ini didirikan untuk mendukung penciptaan Ekosistem Kewirausahaan di Indonesia. Sehingga diharapkan akan bermunculan wirausahawan muda baru di FakFak dan berdampak pada terciptanya lapangan pekerjaan baru.

Selain IBT, ada juga fasilitas pendidikan lain seperti; laboratorium pengembangan Pala dan juga ruangan pameran untuk menampung dan memamerkan produk-produk UMKM lokal di Fakfak. Anggaran ini merupakan bantuan yang telah dikucurkan oleh Pemerintah Pusat sebesar 131 Milyar pada tahun lalu.

Staf Khusus Presiden Joko Widodo, Billy Mambrasar yang juga menjabat sebagai Pembina IBT Polinef ini, hadir langsung dalam acara tersebut menyampaikan rasa suka citanya, karena akhirnya ada Institusi Pendidikan di Tanah Papua yang memiliki IBT.

“Salam dari Presiden Joko Widodo untuk Masyarakat Fakfak, dan masyarakat Papua secara keseluruhan,” ujar Billy Mambrasar, dalam pidato sambutannya.

Billy juga menyampaikan pesan dari Presiden Joko Widodo, bahwa pembangunan Institusi Pendidikan tetap menjadi prioritas untuk pengembangan Sumber Daya Manusia Papua, dalam rangka mendorong percepatan pembangunan di kedua Provinsi Paling timur ini.

Direktur Pengembangan SDM Direktorat Jenderal Vokasi Kemendikbuddikti Bapak  Henri  Togar  Hasiholan  Tambunan menyampaikan sambutan dan pesan dari Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi. Dalam pesannya, beliau menyampaikan bahwa akan mendukung kemajuan Politeknik Negeri Fakfak untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) Papua yang berkualitas untuk mendukung pembangunan Indonesia.

Direktur Politeknik Negeri Fakfak Bapak Muhammad Subhan juga menyatakan siap mendukung program Pemerintah, bukan hanya Kabupaten Fakfak,dan Provinsi Papua Barat, tetapi juga wilayah Indonesia lainnya.

“Politeknik Negeri Fakfak ini akan mendukung pengembangan bisnis dan teknologi, berbasis kekuatan lokal dari Fakfak dan Tanah Papua. Kami juga meluncurkan beberapa fasilitas lain, pada saat yang bersamaan, seperti laboratorium ketahanan Pala dan juga ruangan Pameran.”

Selain mengajak pemerintah pusat hingga daerah untuk bekerjasa sama, Polinef juga merangkul berbagai pihak, termasuk dengan Politeknik Negeri dan Universitas lainnya di Indonesia untuk bergandengan tangan dalam mewujudkan penciptaan tersebut. Papua Muda Inspiratif juga siap bersinergi dengan Polinef dalam pengembangan potensi anak muda di berbagai bidang.

Peluncuran IBT Polinef Krakiminah pada hari ini merupakan Puncak acara dari kegiatan “Polinef dari FakFak Papua Barat untuk Indonesia” yang berkolaborasi bersama gerakan Papua Muda Inspiratif. Bersamaan dalam acara ini juga diadakan Festival UMKM yang menghadirkan para pebisnis mikro lokal menjadi pusat perhatian para hadirin yang datang, sekaligus ajang promosi produk-produk asli dari Kota Pala tersebut. (***)

Leave a Reply

Install di layar

Install
×