<
Lintaspapua.com

Diduga Akibat Korsleting Listrik, 2 Unit Rumah di Kompleks Permata Indah Hangus Terbakar

LINTAS PAPUA - Kamis, 13 Januari 2022 - 10:24 WITA
Diduga Akibat Korsleting Listrik, 2 Unit Rumah di Kompleks Permata Indah Hangus Terbakar
Kebakaran rumah di Kompleks Perumahan Permata Indah, TT 4/RW 5, Kelurahan Asano, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Rabu (12/1/2022) malam. (irfan  / lintaspapua.com) (LINTAS PAPUA)
Penulis
|
Editor

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Peristiwa kebakaran kembali terjadi di wilayah Kota Jayapura, Rabu (12/1/2022). Kebakaran yang mulai terjadi pukul 21.29 WIT tersebut menghanguskan 2 unit bangunan rumah yang berlokasi di Kompleks Perumahan Permata Indah, RT 4/RW 5, Kelurahan Asano, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua.

Kedua rumah tersebut masing-masing milik Stenly dan Yoseph, warga Kompleks Perumahan Permata Indah, RT 4/RW 5, Kelurahan Asano, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua.

Dugaan sementara, penyebab kebakaran atau sumber air berasal dari korsleting listrik dari rumah milik Stenly yang apinya membesar dan merembet ke rumah milik Yoseph, sehingga membakar kedua rumah milik korban.
Tidak ada korban jiwa maupun korban luka-luka dalam kejadian tersebut. Namun kedua bangunan rumah berikut perabotan yang ada di dalam rumah tersebut hangus terbakar. Kerugian material ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.
Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Jayapura, Margaretha Kirana menjelaskan bahwa kronologi kebakaran tersebut bermula pada Rabu (12/1/2022) malam sekira pukul 21.29 WIT.

Setelah menerima laporan, pihaknya segera mengirimkan 6 armada yang terdiri dari 2 suplay dan 4 Water Cannon, berikut personil yang turun Kabid Damkar, Kasie Sarpras, Kasie Ops, Komandan Regu (Danru), serta pasukan piket dari Pos Mako Entrop, Youtefa, Distrik Japsel dan Heram.

“Pihak Damkar Kota Jayapura menerima laporan pukul 21.29 WIT. Petugas tiba di lokasi pukul 21.38 WIT. Kendala yang dihadapi petugas Damkar akses jalan menuju lokasi dan pada titik kejadian sangat sulit, karena jalan atau gang yang sempit dan dijejali masyarakat, serta kendaraan warga sekitar terparkir di pinggir jalan menuju lokasi kebakaran. Api benar-benar dipadamkan pada Rabu (12/1/2022) sekira pukul 21.52 WIT,” tutur Margaretha Kirana.
Margaretha Kirana menjelaskan, bahwa akibat kebakaran tersebut rumah milik Stenly dan Yoseph seluruhnya hangus terbakar.

Sementara penyebab kebakaran atau sumber api diduga korsleting dari rumah Stenly.

“Korban jiwa nihil, namun terdapat sejumlah harta benda dan juga dokumen yang turut terbakar. Total kerugian material ditaksir mencapai ratusan juta rupiah,” kata Margaretha Kirana.

Menyikapi banyaknya peristiwa kebakaran di wilayah Kota Jayapura, pihaknya mengimbau kepada warga masyarakat agar lebih berhati-hati dan tetap waspada terhadap potensi timbulnya musibah kebakaran.

“Atas nama pemerintah Kota Jayapura, kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersinergi dalam upaya penanganan kebakaran termasuk di dalamnya dukungan rekan-rekan ORARI, RAPI, BAZNAS dan rekan-rekan relawan lainnya, serta aparat TNI dan Kepolisian yang telah mengambil bagian,” ucapnya. (Irf)

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
123