Antrian Online Solusi Kurangi Kerumumunan Fasilitas Kesehatan

0 3

TIMIKA (LINTAS PAPUA)- Untuk memastikan kemudahan dan simplifikasi akses pelayanan bagi peserta JKN-KIS pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) melalui sistem antrean online, BPJS Kesehatan Cabang Jayapura menggelar sosialisasi kepada FKTP di Kabupaten Mimika.

Dalam masa pandemi saat ini, BPJS Kesehatan terus berkomitmen membantu mempermudah FKTP untuk mengurangi kontak langsung agar mencegah penularan virus covid-19 baik kepada peserta maupun petugas FKTP. Beberapa upaya sudah dilakukan oleh BPJS Kesehatan dengan pengembangan sistem berbasis teknologi digital tanpa tatap muka tersebut melalui aplikasi Mobile JKN.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Yuni Kendek menyampaikan materi sosialisasi kepada FKTP mitra BPJS Kesehatan terkait dengan mekanisme penggunaan antrean online dan juga manfaatnya. Pada kegiatan sosialisasi, beberapa perwakilan dari masing- masing FKTP yang hadir sangat antusias mengikuti sosialisasi yang dilaksanakan di Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Mimika.

“Bagi peserta JKN-KIS, sistem antrean online yang mulai diterapkan akan sangat membantu dalam efisiensi waktu. Manfaatnya peserta dapat mengambil nomor antrean di mana saja dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN. Selain itu, di aplikasi ini peserta dapat melihat nomor antrean yang saat ini sedang dilayani, sehingga peserta dapat mengatur waktu untuk datang ke FKTP,” papar Yuni. 

Yuni menambahkan, sistem antrean online ini sudah diintegrasikan ke beberapa FKTP mitra BPJS Kesehatan. Nantinya peserta sudah tidak perlu lagi datang lebih awal untuk mengambil nomor antrean dan juga tidak perlu menunggu antrean di FKTP. Dengan adanya antrean online ini, peserta sudah dapat mengetahui jam berapa nantinya mereka akan mendapat layanan, sehingga ini juga bisa mengurangi penumpukan pasien di FKTP.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kesehatan Klinik Sikes Lanud Yohanis Kapiyau, dr. Danar Pratama Putra menyambut baik dengan kegiatan yang dilaksanakan terkait kegiatan presentasi antrean onlineyang akan diterapkan di FKTP di wilayah Mimika.

“Dengan adanya kegiatan ini sistem pendekatan kedokteran keluarga bisa terfasilitasi dimana pasien dapat berkonsultasi dengan dokter dengan mudah, dan juga dapat mendaftar antrean dari manapun yang pasti memiliki jaringan internet tanpa perlu datang mengantri ke lokasi,” ujarnya.

“Berharap semoga kedepannya dengan adanya sistem antrean online yang didukung oleh BPJS Kesehatan ini dapat lebih membantu mempermudah peserta JKN-KIS dalam mengakses pelayanan dan juga bagi Fasilitas Kesehatan dapat mengurangi penumpukan antrean peserta dimana saat ini masih dalam suasana pandemic covid-19 sehingga harus mengantisipasi adanya kerumunan peserta khususnya di fasilitas kesehatan di Mimika,” tutupnya.(BPJS Kesehatan Cabang Jayapura)

 

Leave a Reply

Install di layar

Install
×