Tingkatkan Pengetahuan  Matematika, Yesaya Sombuk Berikan Bimbel Gratis Untuk 4000 Anak di Biak

Suasana Bimbingan Belajar Saat Diberikan Yesaya Sombuk. (LR/lintaspapua.com)
0 0

BIAK NUMFOR (LINTAS PAPUA) – Di masa pandemi Covid-19, aktifitas belajar mengajar di setiap sekolah tidak seperti biasanya. Hal ini menjadi perhatian serius, sehingga mendorong pentingnya penguatan bimbingan belajara, sebagaimana dilakukan oleh Yesaya Sombuk kepada 4000 anak di Kabupaten Biak.

Sebagai seorang yang Peduli dengan dunia Pendidikan, terlebih khusus di Kabupaten Biak Numfor, Drs Yesaya Sombuk M.Si yang pernah berprofesi sebagai seorang pengajar/guru, Sebagai putra Biak yang sangat mengenal dunia pendidikan, merasa terbeban. Dengan swadaya, mantan kepala Dinas Pendidikan itu rela membagi ilmunya, meskipun dengan peralatan yang sederhana.

Seperti papan, spidol, buku atau kertas, tidak menyurutkan semangat nya untuk mengajar. Yesaya panggilan akrabnya tidak sendiri, dirinya dibantu beberapa volunteer berbagi ilmu tidak hanya di kota biak saja, Tetapi sampai ke pelosok kampung-kampung. Bimbel ini pun gratis tidak dipungut biaya.

“Karena ini merupakan dasar yang paling mendasari anak-anak untuk menyelesaikan persoalan dasar-dasar aljabar sehingga mereka dapat menjadi seorang yang tahu matematika, mengerti dan membuka logika anak-anak dan mengerti segala hal termasuk pelajaran ini,” ujar  Yesaya Sombuk, usai melakukan bimbingan belajar berhitung cepat, matematika di Kampung Waroi, Samber Biak. Sabtu, (8/01/2022).

Dikatakan, bahwa pelajaran literasi dan numerasi harus benar-benar membooming di kota Biak.

“Itu keinginan kami. Sehingga mereka tahu baca tulis hitung dan isi tentang literasi itu mereka paham, kemudian penjumlahan, perkalian, pembagian, pengurangan, pecahan, desimal, bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif mereka harus paham ini,”jelas Yesaya Sombuk.

Menurutnya,  pendidikan itu sangat penting bagi anak-anak dan itu harus di mulai dari rumah.

“Ya, hari ini saya bersama anak-anak di Kampung Waroy. Saya memberikan sesuatu, ilmu matematika, yaitu Bagaimana berhitung cepat dengan sistem mencongak yaitu membaca lewat otaknya, dan bagaimana cara menghafal perkalian menggunakan perkalian yang mudah yang bisa ditangkap dengan cepat kemudian menggunakan paham atau pemahaman untuk menangkap sebuah perkalian yang tidak pernah hilang dari otaknya. Itu yang saya lakukan di semua tempat yang saya kunjungi,” tuturnya.

Yesaya Sombuk mengatakan bimbel ini sudah berjalan kurang lebih 1 tahun dan sudah sekitar 4.000 anak-anak yang di bimbing nya tersebar di 180 titik di kabupaten Biak Numfor. Yaitu Biak Utara, Biak Timur, Biak Barat sampe Biak Kota dan Samofa. Hal itu dilakukan dengan cara mengunjungi dari rumah ke rumah, dari Kampung ke Kampung. Ini dilakukan gratis. Tidak dipungut biaya.

Dirinya menambahkan, yang dilakukan bukan mengajar, Tetapi memberikan motivasi yang kuat, membantu mengingatkan anak-anak kembali pelajaran-pelajaran yang diperolehnya disekolah sesuai dengan kurikulum sekolah yang sudah ada. Tegasnya.

Dirinya berharap apa yang diberikan memotivasi anak-anak untuk terus belajar. juga apa yang dilakukan nya tak lain hanya membantu mempermudah teman-teman guru di sekolah karena masyarakat, orang tua ikut berperan penting untuk membantu pendidikan anak-anak dirumah. Ucapnya.

Sementara Itu, orangtua dan anak-anak saat ditanyakan terkait kegiatan belajar yang dilaksanakan ditempatnya, sangat di respon baik.

“kami sangat senang, sejak pandemi covid-19 anak-anak ini lebih banyak tinggal dirumah dan bermain. Tetapi sekarang dengan hadirnya bpk sombuk ditempat ini, anak-anak dapat belajar walaupun 1 minggu 3 kali pertemuan tetapi itu sudah sangat membantu”. Ungkap salah satu ibu saat diwawancarai.   (LR)

Leave a Reply

Install di layar

Install
×