Jangan Hidup Dalam Ketakutan dan Kegentaran Jika Anda Hidup Benar dan Baik di Mata TUHAN.

0
74

JANGAN TAKUT dan GENTAR

“Dan siapakah yang akan berbuat jahat terhadap kamu, jika kamu rajin berbuat baik? Tetapi sekalipun kamu harus menderita juga karena kebenaran, kamu akan berbahagia. Sebab itu janganlah kamu takuti apa yang mereka takuti dan janganlah gentar” (1 Petrus 3:13-14)

Setiap hari adalah peperangan rohani. Peperangan rohani bukan melawan daging atau manusia, namun melawan roh-roh jahat. Peperangan rohani dapat terjadi setiap saat. Setiap hari kita juga diperhadapkan untuk memilih dan memutuskan sesuatu.

Mau tak mau kita harus memilih dan memutuskan sesuatu setiap hari. Setiap pilihan dan keputusan kita sangat memengaruhi kehidupan kita di masa kini dan masa depan. Oleh sebab itu kita memikirkan apa yang harus kita lakukan. Oleh sebab itu kita juga memikirkan apa alasan kita memilih dan memutuskan sesuatu. Ada satu hal yang sangat penting dalam kehidupan kita, yaitu jangan takut dan gentar. Bagaimana kita menjalani kehidupan tanpa takut dan gentar?

Yang pertama, tetap berbuat benar dan baik, 1 Ptr 3:13-14. Jangan berpikir negatif kepada orang lain. Jangan sekali-kali berpikir negatif tentang orang lain. Berpikir negatif tentang orang lain sebenarnya merugikan hati, pikiran, waktu dan tenaga kita. Mari kita belajar berpikir positif, benar dan baik tentang orang lain. Kita juga jangan suka menaruh rasa curiga kepada orang lain.

Rasa curiga menyebabkan hati, mental dan pikiran kita menjadi rusak. Oleh sebab itu tetaplah berbuat benar dan baik dalam segala keadaan, inilah kehendak TUHAN bagi kehidupan kita. Mari jangan hidup dalam ketakutan dan kegentaran jika kita hidup benar dan baik di mata TUHAN. Mari kita tetap bersyukur sekalipun harus menderita. Penderitaan yang kita alami pasti ada masa kadaluarsanya.

TUHAN turut bekerja sama dengan kita saat kita melakukan kebenaran dan kebaikan di dalam TUHAN.

Yang kedua, kuduskan TUHAN, 1 Ptr 3:15a. Hiduplah kudus dalam segala keadaan. Hidup kudus adalah prioritas kehidupan kita. Utamakan TUHAN setiap hari. Orang yang mengutamakan TUHAN adalah orang yang menyadari bahwa prioritas tertinggi kehidupannya adalah TUHAN. Yang ketiga, hidup bertanggung jawab, 1 Ptr 3:15b-16. Setiap tindakan yang kita lakukan adalah mengalir dari hati kita. Kita bertanggung jawab atas setiap tindakan yang kita lakukan. Mari kita miliki perkataan dan sikap yang lemah lembut dan penuh hormat kepada orang lain. Mari kita miliki hati nurani yang murni dan lurus setiap hari. Tetaplah menjaga kehidupan yang benar dan baik setiap hari. Tetaplah menjaga kehidupan dengan kesungguhan hati. Mari jangan membalas kejahatan dengan kejahatan, namun membalas kejahatan dengan kebaikan. Orang yang hidup dalam kebenaran dan kebaikan akan memperoleh perlindungan dan pembelaan TUHAN. (DW)

Questions:
1. Mengapa kita harus hidup dalam kekudusan, kebenaran dan kebaikan di dalam TUHAN setiap hari?
2. Bagaimana kita menjalankan kehidupan yang tidak takut dan gentar dengan tantangan dan ancaman dunia?

Values:
Seorang Warga Kerajaan Allah adalah pribadi yang mau hidup kudus di hadapan Allah dan manusia.

Jangan hidup dalam ketakutan dan kegentaran jika Anda hidup benar dan baik di mata TUHAN.
“Dan kiranya Tuhan menjadikan kamu bertambah-tambah dan berkelimpahan dalam kasih seorang terhadap yang lain dan terhadap semua orang, sama seperti kami juga mengasihi kamu.
__ 1 Tesalonika 3.12

Tuhan adalah KASIH. Ia adalah sumber kasih yang selalu dilimpahkan dalam hati dan kehidupan kita melalui Roh Kudus.

Bagian kita adalah untuk menyalurkan kasih yang telah kita dapatkan kepada keluarga, gereja, komsel, komuntas lainnya, lingkungan kerja bahkan kota dan bangsa kita. Melalui doa, perkataan dan tindakan kita yang selalu kita komunikasikan dalam kehidupan kita.

Jadilah teladan dalam kasih, dimanapun kita ditempatkan. (***)

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here