Mamberamo Tengah Sediakan RUTF Terapi Gizi Buruk Balita

0
68

Tim Peluncuran RUTF untuk terapi gizi bagi balita gizi buruk

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) Dalam rangka pelaksanaan percepatan pencegahan anak stunting, Pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah berkomitmen melaksanakan program pencegahan dan tata laksana gizi buruk pada balita, yang merupakan salah satu intervensi prioritas dalam program percepatan pencegahan anak stunting. Sebagaimana yang diketahui bahwa anak kurang gizi akut (gizi kurang dan gizi buruk) berisiko 3 kali menjadi stunting dan anak gizi buruk berisiko 12 kali lebih besar untuk meninggal dibandingkan anak gizi baik.

Salah satu bentuk komitmen pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah dalam penanganan gizi buruk pada balita dibuktikan dengan pengadaan RUTF ini. RUTF merupakan produk terapi gizi yang padat zat gizi, termasuk vitamin dan mineral sesuai dengan rekomendasi  badan Kesehatan Dunia (WHO) dan juga Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk tata laksana balita gizi buruk tanpa komplikasi medis melalui tata laksana rawat jalan di tingkat masyarakat..

“Dalam rangka hari kesehatan nasional, sejarah akan mencatat cerita baik bahwa Mamberamo Tengah adalah satu-satunya Kabupaten yang telah melakukan pengadaan dan mendatangkan RUTF sebagai bagian dari terapi gizi buruk di Tanah Papua. Kita boleh berbangga bapak/ibu karena ini adalah pencapaian yang luar biasa, ini adalah bukti kuat dan komitmen kami untuk mendukung semua program pemerintah.” Mesir Yikwa, S.APSekretaris Daerah Kabupaten Mamberamo Tengah

Berdasarkan data Riskesdas 2018, prevalensi gizi buruk di Kabupaten Mamberamo Tengah sebesar 3%, yang artinya ada sekitar 280 kasus gizi buruk di wilayah Kabupaten Mamberamo Tengah dalam setahunnya. Gizi buruk memberikan dampak jangka pendek dan panjang pada balita. Dampak jangka pendek berupa gangguan perkembangan otak, daya tahan tubuh rendah hingga kematian, sedangkan gizi buruk berdampak jangka panjang seperti menganggu fungsi kognitif sehingga kemampuan belajar menurun, kapasitas kerja rendah dan meningkatkan risiko penyakit degenerative, seperti diabetes melitus dan jantung di kemudian hari.

“”Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya bagi Kabupaten Mamberamo Tengah yang merupakan kabupaten pertama di Tanah Papua yang melakukan pengadaan RUTF dari sumber anggaran daerah. Hal ini menjadi tonggak pencapaian yang perlu diapresiasi dalam hal penanganan gizi buruk. Kami dari Unicef juga berharap agar langkah semacam ini juga dapat diikuti oleh kabupaten-kabupaten lain di Provinsi Papua, sehingga permasalahan gizi buruk di Papua dapat segera teratasi.” Aminuddin Ramdan – kepala kantor perwakilan UNICEF Papua-Papua Barat

Sebagai bagian dari penguatan Program Pengelolaan Gizi Buruk Terintegrasi, Kantor Perwakilan UNICEF Papua-Papua Barat akan terus memberikan dukungan teknis untuk perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan agar anak-anak yang rentan terhadap masalah gizi buruk ditemukan sedini mungkin, mendapatkan penanganan tepat waktu termasuk perawatan yang tepat dan berkualitas.(*)

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here