Bupati Mathius Awoitauw Akui Banyak Dampak Positif PON XX Papua Dirasakan Masyarakat

0
113
Bupati Jayapura yang juga sebagai Ketua Umum Sub PB PON Klaster Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si. (istimewa)

Mathius Awoitauw : Selama PON XX Papua Berlangsung di Kabupaten Jayapura Orang Mabuk Berkurang.

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 yang diselenggarakan di Papua dianggap ada dampak positif yang dapat dilihat oleh elemen masyarakat selama pelaksanaan event olahraga empat tahunan ini di Klaster Kabupaten Jayapura.

Kepada wartawan di VIP Room Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, kemarin, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, mengatakan, bahw ada dampak positif selama Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 yang berlangsung di Klaster Kabupaten Jayapura.

Pekan olahraga tidak hanya berperan sebagai ajang prestasi, tetapi juga membawa banyak dampak positif yang bisa dilihat masyarakat di daerah ini.
Berikut dampak positif yang bisa dilihat oleh masyarakat Kabupaten Jayapura, menurut Bupati Mathius Awoitauw.

Berkurangnya Orang Mabuk Jarang terlihat ada orang mabuk atau berkurangnya orang mabuk. Menurutnya, selama berlangsungnya pelaksanaan PON, jarang ada orang mabuk. Mungkin hanya ada satu atu dua di jalan, tetapi kita saja yang tidak perhatikan.

“Jadi banyak hal positif yang dapat kita lihat selama PON berlangsung di Kabupaten Jayapura, salah satunya adalah orang mabuk berkurang. Bahkan tidak terlihat sama sekali, mungkin asa satu atau dua orang di jalan, tapi kita saja yang tidak begitu perhatikan. Memang ini harapan kita semua, daerah ini harus bebas dari orang mabuk,” katanya.

Hal ini tidak terlepas dari peran pihak keamanan dalam hal ini Kepolisan Resor (Polres) Jayapura melalui Satuan Binmas yang terus berupaya untuk mengimbau masyarakat agar dapat menjaga keamanan selama PON XX berlangsung.

“Untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada pak Kapolres yang telah berupaya agar keamanan dan ketertiban masyarakat di Kota Sentani dan sekitarnya kondusif,” ucapnya.

Semua pertandingan cabang olahraga berlangsung dengan sukses.
Lanjut pria yang juga Ketua Umum Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura itu mengungkapkan, semua pertandingan cabang olahraga yang dilakukan di venue-venue yang telah dipersiapkan di Klaster Kabupaten Jayapura dalam penyelenggaraan PON XX itu semuanya berjalan dengan baik.

“Semua pertandingan cabang olahraga berjalan dengan baik. Semuanya menikmati dalam situasi persaudaraan yang sungguh luar biasa,” imbuhnya.

Koordinasi antara Sub PB PON XX dengan Panpel PON XX juga berjalan dengan baik.

Dirinya menuturkan, mulai sejak 23 September hingga penutupan PON XX pada 15 Oktober 2021, penyelenggaraan PON XX di Klaster Kabupaten Jayapura berjalan dengan baik. Koordinasi antara Panpel PON XX dengan Sub PB PON XX juga berjalan lancar.

“Karena di Panpel PON XX memiliki kewenangan saat pelaksanaan pertandingan cabang olahraga. Sedangkan, di Sub PB PON XX hanya memfasilitasi penyediaan fasilitas pendukung, transportasi, konsumsi dan akomodasi penginapan bagi para atlet maupun ofisial,” ungkapnya.
Adanya persatuan dan kesatuan dari seluruh stakeholder untuk menyukseskan PON XX/2021 Papua
Untuk itu, Bupati Jayapura dua periode itu mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat adat, paguyuban, TNI-Polri, Perbankan dan pihak swasta yang telah bahu membahu memberikan dukungan penuh selama pelaksanaan PON XX Tahun 2021 berlangsung di Papua khususnya di Klaster Kabupaten Jayapura.

“Jadi persatuan dan kesatuan adalah modal dan kekuatan kita bersama. Meski ada riak-riak kecil selama pelaksanaan, tetapi semuanya bisa diatasi dengan baik,” ujarnya.

Adanya kesadaran dari masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban

Selain itu, Bupati Mathius juga menyatakan, keamanan dan ketertiban selama PON XX berlangsung di Kabupaten Jayapura tak lepas dari kesadaran masyarakat sendiri.
“Saya juga ucapkan terima kasih kepada masyarakat di Kabupaten Jayapura yang sudah mendukung dan menyukseskan pelaksanaan PON XX Papua 2021 yang telah kita laksanakan penutupannya kemarin,” pungkas Mathius Awoitauw. (Irf)


 

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here