Selama Pandemi Covid-19, Kadisnaker Kota Jayapura: Penerapan Prokes Diperusahaan Terhadap Pekerja

0
160
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, Djoni Naa, SE, M.Si. Richard (LPC)
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, Djoni Naa, SE, M.Si. Richard (LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) — Upaya demi upaya terus digalakan oleh Pemerintah Kota Jayapura dalam pengendalian dan penaganan penyebaran laju penularan Covid-19 di tempat kerja.

Kendati angka penularan Covid-19 secara berkala di Kota Jayapura dapat dikendalikan. Namun penerapan protokol kesehatan di lingkungan kerja wajib diterapkan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Dalam masa pandemi Covid-19 ini, segala upaya sudah dilakukan oleh Pemda Kota Jayapura ke perusahaan dengan melakukan monitoring penerapan prokes diperusahaan terhadap pekerja,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, Djoni Naa, SE, M.Si, kepada Lintas Papua.Com, Kamis (21/10) di Jayapura.

Ia menyebutkan, masa pendemi Covid-19 hingga saat ini, Pemkot Kota Jayapura, melalui Walikota, Benhur Tomi Mano, telah menerbitkan Instruksi Walikota terkait 3M. Dan monitoring perusahaan agar tidak melakukan PHK dimasa pandemi Covid-19.

Selaku dinas teknis dilingkup Pemda Kota Jayapura yang mengawasi ketenagakerjaan, pihaknya mengarahkan perusahaan untuk taat kepada Instruksi walikota terkait 3M. Menganjurkan perusahaan untuk menyiapkan air cuci tangan dan sabun serta Handsanitizer bagi pekerja.

“Bekerja tidak boleh berkerumun dalam bekerja dengan menerapkan jam kerja secara ship atau pergantian. Perusahaan harus mempersiapkan APD (alat pelindung diri) untuk pekerja agar terhindar Covid-19. Monitoring perusahaan agar tidak melakukan PHK di masa Pandemi Covid-19 yang mengakibatkan kehilangan pekerjaan bagi pekerja,” ujar Djoni Naa.

Selain itu, disinggung Lintas Papua.Com, soal Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3), serta Kemnaker telah menerbitkan Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 9 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Penerapan Protokol Kesehatan di Tempat Kerja dan Penyediaan Perlengkapan serta Sarana Kesehatan bagi Pekerja/Buruh oleh Perusahaan Selama Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Ia menuturkan, Untuk P2K3 ini sekarang tugas Disnaker Provinsi sesuai UU No.23 /2014 Tentang Pemerintah Daerah. Fungsional Pengawas Ketenagakerjaan sekarang berpusat di provinsi. tutur Kadisnaker Kota Jayapura itu. (Richard/Lintas Papua)

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here