Mathius Awoitauw Pastikan Sub PB Kabupaten Jayapura Sukseskan PON XX 2021 Bebas Covid-19

0
113
Ketua Umum Sub PB PON XX yang juga Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si. (IRFAN /LINTASPAPUA.COM)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura sudah bertekad mensukseskan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang bebas dari Covid-19.

Demikian dijelaskan Ketua Umum Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, ketika memberikan keterangan saat melakukan meeting virtual bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), di Media Center Kominfo PON XX Klaster Kabupaten Jayapura, Grand Allison Hotel, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (8/10/2021) sore.

Untuk diketahui pelaksanaan PON XX Papua 2021 yang begitu fenomenal dan mendapat dukungan luas dari berbagai kalangan di daerah maupun dukungan dari nasional agar event olahraga terakbar ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses.

Terlebih lagi pelaksanaan PON XX Papua dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, sehingga menjadi perhatian nasional, bahkan internasional terkait dengan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 selama PON berlangsung di Papua.

“Memang sejak awal dalam persiapan-persiapan pelaksanaan PON, panitia baik itu di provinsi (PB PON) maupun klaster-klaster itu kita sudah komit, bahwa PON ini harus sukses. Salah satu indikatornya adalah di venue-venue PON ini tidak boleh ada kasus, itu yang kita buat gerakan dan kesepakatan. Sehingga khusus untuk di Kabupaten Jayapura itu, kita tambah satu sukses lagi yaitu, sukses bebas Covid-19,” jelasnya.
PON XX di klaster Kabupaten Jayapura, panitia telah mencanangkan empat sukses yakni sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, sukses administrasi dan sukses ekonomi. Serta, ditambah satu sukses lagi yakni sukses bebas dari Covid-19.

“Hal itu terus kita galakkan dengan semua sumber daya yang ada, untuk bagaimana vaksinasi kita tingkatkan. Ya, vaksinasi ini menjadi gerakan bersama dari berbagai keterbatasan yang kita miliki, juga sosialisasi tentang protokol kesehatan terus kita galakkan. Karena mau menjadi tuan rumah yang baik itu tidak menimbulkan hal-hal yang menggangu pelaksanaan PON XX, termasuk juga kesehatan para atlet,” bebernya.
Untuk itu, Mathius Awoitauw yang juga Bupati Jayapura memberi apresiasi kepada semua pihak yang telah terlibat dalam mensukseskan PON XX, khususnya di Klaster Kabupaten Jayapura yang telah bekerja sesuai dengan acuan yang ada, sehingga masih bisa mengendalikan kasus Covid-19 selama PON berlangsung di Bumi Khenambay Umbay.

Lebih lanjut Bupati Jayapura dua periode itu berharap kerja sama dan dukungan berbagai pihak dapat mempersembahkan PON dengan hasil terbaik, termasuk pengendalian penyebaran kasus Covid-19 selama pelaksanaan PON berlangsung.
“Jadi melalui penyelenggaraan PON XX Papua yang sukses menerapkan protokol kesehatan, tentunya akan menjadi acuan nasional berkaitan dengan penyelenggaraan event nasional lainnya ke depan,” tuturnya.

“Sehingga kita sebahai masyarakat Papua sudah seharusnya mendukung kebijakan pemerintah dalam menerapkan Protokol Kesehatan, sehingga perhelatan PON XX Papua ini tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di Indonesia,” tukasnya. (Irf)


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here