RPJMD Keerom Disetujui dan Segera Diregistrasi, Bupati Piter Gusbager : RPJMD  Jadi Spirit Pembangunan Keerom 5 Tahun Kedepan

0
202
Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, bersama Sekda Keerom, Trisiswanda Indra dan jajaran Pemkab Keerom saat berada di Kantor Bappeda Provinsi Papua untuk melakukan evaluasi final draft RPJMD Keerom, Selasa (28/9/2021). (Arief/lintaspapua.com)

KEEROM (LINTAS  PAPUA) – Setelah melalui serangkaian tahapan, akhirnya draft RPJMD Kabupaten Keerom tahun 2021-2025 mendapat persetujuan oleh Pemprov Papua. Hal ini menyusul dilakukannya evaluasi draft final RPJMD Kabupaten Keerom tahun 2021 oleh Pemprov Papua melalui Bappeda Provinsi Papua.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh Bappeda Provinsi Papua di Aula Kantor Bappeda Prov papua ini pada Selasa (28/9/21) siang ini, Pemkab Keerom hadir dipimpin langsung oleh Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP.

Sementara jajaran Pemkab Keerom yang ikut diantaranya Sekda Keerom, Trisiswanda Indra, Kepala Bappeda, Inspektorat, BPKAD, Kabag Hukum, Kabag Orpan dan beberapa staf. Sedangkan dari Bappeda Provinsi Papua, nampak pimpinan Bappeda dan jajarannya serta tim evaluator RPJMD.

Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, atas hal ini mengemukakan bahwa dengan disetujuinya draf RPJMD tersebut maka Pemkab Keerom akan menindaklanjutinya untuk proses selanjutnya.

‘’RPJMD kita secara resmi telah disetujui dan segera akan diberikan nomor registrasi agar sesuai dengan amanat Permendagri no 86 tahun 2017. Ini berarti Kabupaten Keerom taat azas dan kepatuhan terhadap ketentuan bahwa dalam waktu enam bulan kepala daerah setelah dilantik menetapkan RPJMD Kabupaten/kota,’’ujarnya saat dihubungi wartawan, semalam.

Ia menambahkan, selanjutnya draft RPJMD yang telah disetujui tersebut akan segera diregistrasi dalam 1-2 hari kedapan untuk selanjutnya Pemkab Keerom akan menyiapkannya menjadi Perda RPJMD 2021-2025.

Dikemukakkan bahwa RPJMD merupakan penjabaran visi dan misi Kepala Daerah hasil Pilkada tahun 2020, yang isi RPJMD adalah menterjemahkkan visi dan misi kedalam kegiatan dan sub kegiatan OPD di tahun 2021-2025.

‘’Dokumen RPJMD ini akan menjadi roh atau spirit pembangunan Keerom untuk 5 tahun kedepan. RPJMD bukan hanya dokumen kosong semata tapi akan mengisi arah kebijakan yang menjadi pegangan bagi setiap OPD dalam menganggarkan, merencanakan dan melaksanaan kegiatan-kegiatan pembangunan tahun 2021-2025,’’tambahnya.

Bupati juga menyebut bahwa RPJMD ini akan disosialisasikan ke OPD-OPD, karena RPJMD bukan hanya dokumen politik tapi dokumen yang mengandung komitmen antara pimpinan daerah dan masyarakat Keerom.

Pemprov Papua melalui Bappeda Provinsi Papua, pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi karena Keerom sebagai salah sati dari 11 daerah yang menggelar Pilkada telah melengkapi semua persyaratan dan yang disyaratkan untuk proses evaluasi RPJMD sehingga dinyatakan lengkap.

‘’Ini adalah awal positif bagi Piter – Wahfir untuk komitmen membangun kabupaten Keerom sesuai dengan janji dan komitmen kami kepada masyarakat Keerom. Kami juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyusunan draft RPJMD Kab Keerom tahun 2021-2025 ini. Marilah kita terus bekerja dan berdoa untuk kabupaten Keerom,’’lanjutnya. (ariefnugroho/lintaspapua.com)


 

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here