Api PON Tiba di Timika, Bupati Eltinus Omaleng : Masyarakat Patut Bangga Sedang Saksikan Sejarah Bagi Papua

0
82

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)– Api PON tiba di Mimika, Selasa (28/9) yang sebelumnya api itu berda di Biak Numfor. Setelah tiba di Bandara Mozes Kilangin, Api PON dibawah langsung ke rumah jabatan Bupati Mimika.

Kehadiran Tim Kirab dipimpin langsung Brigjen TNI Iwan Setiawan (Danrem 173/PVB). Pasukan kirab Api PON XX Papua 2021 terdiri dari dua pasukan, yakni atlet nasional dan atlet legendaris diantaranya Santia Tri Kusuma, atlet balap sepeda, Muhammad Bima Abdi Negara, atlet tenis meja, Julius Uwe, atlet legendaris Mimika yang pernah membawa obor di SEA Games dan Maria Natalia Londa, atlet atletik.

Ada juga pasukan inti yang merupakan gabungan TNI dan Polri dan pasukan tim terbang kirab api PON.

Atlet legendaris Mimika yang pernah membawa obor di SEA Games Julius Uwe, selanjutnya menyerahkan obor api PON kepada Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH, didampingi Wakil Sekretaris Umum PB PON Papua, Karolus Boli.

Kemudian dinyalakan pada obor berukuran besar berbentuk tifa. Setelah menyalakan obor, Bupati Omaleng kembali menyerahkan obor api PON untuk pelepasan pasukan kirab PON XX Papua 2021 untuk melanjutkan kirab di Kota Timika.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan, masyarakat Papua khususnya Mimika sedang menyaksikan sejarah bagi Papua, karena pesta olahraga terbesar di Indonesia dilaksanakan di tanah ini.

Rakyat Papua patut berbangga karena kepercayaan yang diberikan negara untuk menyelenggarakan PON di tengah dinamika keraguan berbagai pihak, terlebih di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia.

Keraguan ini harus dijawab dengan bukti nyata bahwa Papua bisa menjadi tuan rumah yang baik bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“PON yang dilaksanakan di Papua bukan sekadar pesta olahraga, tetapi juga untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dan pemerataan pertumbuhan ekonomi khususnya di wilayah Indonesia Timur, dengan semangat sportivitas, mari kita tunjukkan bahwa Papua juga bisa menjadi tuan rumah yang baik, dalam melaksanakan PON yang baru pertama kalau dilaksanakan di luar Pulau Jawa dan Sumatera ini,” katanya.

Selain itu, Api PON yang sudah tiba di Mimika melambangkan semangat, keberanian dan tanggung jawab seluruh rakyat Papua, sehingga kita wajib menyukseskan pelaksanaan PON XX di Papua.

Gracio

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here