Tiba di Jayapura, Kontingen Sulawesi Selatan Disambut Meriah dan Antusias

0
145

Suasana penyambutan Kontingen PON XX Sulawesi Selatan yang meriah oleh KKSS Kabupaten Jayapura dan warga Sulawesi Selatan di terminal kedatangan Bandara Sentani, Jumat (24/9/202).

 

SENTANI  (LINTAS PAPUA) – Rombongan Kontingen PON XX yang terdiri atas atlet, pelatih dan ofisial Sulawesi Selatan disambut meriah dan antusias Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Provinsi Papua dan Kabupaten Jayapura pada saat mendarat Jumat (24/9/2021) siang sekitar pukul 12.00 WIT.

Rombongan Kontingen PON XX Sulawesi Selatan terdiri dari empat cabang olahraga yakni, Sepakbola, Takraw, Muaythai dan Dayung disambut oleh Ketua BPD KKSS Kabupaten Jayapura, H. Wagus Hidayat, SE, beserta istri, Ketua IWSS Kabupaten Jayapura Indira Kasim, para pengurus KKSS Kabupaten Jayapura, IWSS Kabupaten Jayapura, pengurus KKMB Provinsi Papua, anggota maupun pengurus pilar-pilar dibawah KKSS Kabupaten Jayapura dan kelompok suporter The Macz Man Zona Papua, serta tidak ketinggalan juga masyarakat Papua setempat.
Acara penyambutan yang digelar di pintu terminal kedatangan Bandara Sentani Kabupaten Jayapura tersebut berlangsung meriah. Selain mendapat kalungan tas Noken, pemasangan topi Mahkota khas Papua dan kain batik Papua kepada perwakilan atlet dan ofisial, acara penyambutan juga diwarnai dengan tabuhan gendang, nyanyi-nyanyian khas Sulawesi Selatan, yel-yel dan pembentangan spanduk ucapan ‘Selamat Datang’ pun menambah riuh suasana penyambutan Kontingen Sulsel tersebut.
Dr. H. Nuhrawi Nawir, M.Kes., selaku perwakilan Kontingen PON XX Sulawesi Selatan menyampaikan, ucapan terima kasih dan memberi apresiasi atas penyambutan luarbiasa warga Sulawesi Selatan dalam hal ini KKSS Kabupaten Jayapura.
“Kami mewakili Kontingen Sulawesi Selatan ucapkan terima kasih dan memberi apresiasi setinggi tingginya, untuk seluruh keluarga Sulawesi Selatan di Jayapura yang telah memberikan dukungan kepada kami melalui acara penyambutan ini,” ucapnya.
Lanjut Nuhrawi menyebutkan, kontingen yang tiba hari ini sebanyak 69 orang terdiri dari atlet, pelatih dan offisial yang akan bertanding di empat cabang olahraga yakni, sepakbola, sepak takraw, muathay dan dayung.
“Kalau untuk kloter pertama Kontingen Sulsel itu dari atlet cricket yang sudah tiba di Jayapura dan juga atlet futsal di Timika pada 22 september lalu. Total keseluruhan kontingen PON XX Sulawesi Selatan ada 238 orang, jadi masih banyak atlet, pelatih dan ofisial yang belum tiba,” sebut pria yang juga menjabat Bidang Pembinaan Prestasi dan Monev Kontingen PON XX Sulawesi Selatan tersebut.
Nuhrawi juga menginformasikan kehadiran Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman di acara seremonial pembukaan PON XX Papua yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo pada 2 Oktober 2021 mendatang.
“Rencananya beliau (Plt Gubernur) akan datang pada 1 Oktober mendatang,” katanya.
Sementara itu, Ketua BPD KKSS Kabupaten Jayapura, H. Wagus Hidayat, SE, mengapresiasi tinggi kepada kontingen PON XX Sulawesi Selatan yang telah menginjakkan kaki di Bumi Cenderawasih untuk berlaga di ajang PON XX Papua Tahun 2021.
“Harapan kami, teruslah semangat dalam berkompetisi untuk menjadi yang terbaik mengharumkan nama Sulawesi Selatan di tanah Papua ini. Dan, jangan lupa tetap menjunjung tinggi sportivitas dalam bertanding,” kata Wagus Hidayat mewakili warga Sulawesi Selatan di Provinsi Papua.
Lanjut pria yang akrab disapa Dayat ini menyampaikan, bahwa penyambutan ini sebagai bentuk penyemangat dan memberikan motivasi kepada kontingen Sulawesi Selatan. Bahwa, di Papua ini mereka tidak sendiri, tetapi ada keluarga besar yang siap mendukung dalam meraih prestasi dan menyabet medali sebanyak-banyaknya dalam pesta olahraga terakbar di Indonesia ini.
“Selamat datang buat kita semua di Kota Sentani Kabupaten Jayapura. Semoga sukses saat mengikuti pertandingan PON XX di Jayapura, kami warga Sulawesi Selatan yang ada di Papua siap memberikan dukungan bagi seluruh kontingen Sulawesi Selatan di Papua, khususnya Jayapura,” ucapnya.
Untuk itu, dirinya berharap kontingen Sulsel mampu menorehkan prestasi di PON dan pulang dengan kebanggaan, baik untuk Sulsel maupun kebanggaan yang ditinggalkan bagi perantau asal Sulawesi Selatan yang ada di Bumi Khenambay Umbay dan Papua secara umum.
“Kami harap atlet dan ofisial yang datang ini bisa membuat bangga Sulawesi Selatan dengan prestasi. Dan, kami mohon jaga baik nama Sulawesi Selatan,” katanya.
Sementara itu, Wakil Ketua II BPW KKSS Provinsi Papua, H. Darwis Massie, SE, yang dihubungi terpisah mengucapkan, selamat datang kepada rombongan kontingen PON XX Sulawesi Selatan di Jayapura.
“Saya ucapkan selamat datang di Jayapura bagi kontingen PON XX Sulawesi Selatan yang terdiri atlet, pelatih dan ofisial dalam mengikuti pertandingan PON XX di Papua. Kami dari warga Sulawesi Selatan di Papua siap memberikan dorongan moril dan selalu mendukung Kontingen Sulawesi Selatan. Sekaligus siap membantu mensuksekan kegiatan PON XX ini, dengan cara menjadi tuan rumah yang baik dan memberikan pelayanan terbaik setiap kontingen PON yang datang khususnya para atlet maupun official Sulawesi Selatan di Papua,” ucap Darwis Massie.
Pria yang juga Ketua DPP KKMB Provinsi Papua ini berharap, Kontingen Sulawesi Selatan mampu menorehkan prestasi di PON XX Papua 2021.
“Harapannya, kepada warga Sulawesi Selatan di Papua dapat memberikan motivasi untuk kontingen Sulawesi Selatan agar bisa berprestasi. Mudah-mudahan kontingen Sulawesi Selatan bisa mencapai prestasi yang tebaik di pesta olahraga empat tahunan ini,” tukas Darwis Massie.
Usai disambut di terminal kedatangan Bandara Sentani, Kontingen Sulawesi Selatan yang menggunakan bus diantar iring-iringan kendaraan roda empat dan roda dua menuju take over atau tempat penyambutan resmi kontingen yang berada di Stadion Barnabas Youwe, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here