PON XX 2021 : DLH Pastikan Tak Ada Tumpukan Sampah di Tempat Keramaian Jelang PON

0
80

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memastikan tidak akan ada penumpukan sampah masyarakat yang ada di tempat-tempat keramaian atau fasilitas umum di wilayah Kabupaten Jayapura menjelang pelaksanaan PON XX Papua Tahun 2021.

Anggota Tim Sub Dampak Lingkungan (Dampling) pada Sub PB PON XX yang juga Kepala Bidang Kebersihan Kabupaten Jayapura, Xaverius Manansang. (irfan /lintaspapua.com)

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Abdul Rahman Basri melalui Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan, Xaverius Manansang mengatakan, bahwa pihaknya memastikan akan meminimalisir tumpukan sampah masyarakat yang ada di tempat-tempat keramaian atau fasilitas umum yang ada di wilayah kabupaten Jayapura menjelang pelaksanaan PON XX.

“Pak bupati sudah keluarkan edaran tentang kebersihan atau sampah, sehingga kami sudah mengedarkan surat edaran bupati tersebut. Yakni, tentang jam-jam pembuangan sampah dan bagaimana penanganannya. Setiap ruko yang ada di pinggir jalan harus memiliki tong sampah,” jelas Xaverius Manansang kepada wartawan, kemarin.

Pria yang juga Anggota Sub Bidang Dampak Lingkungan pada Sub PB PON Klaster Kabupaten Jayapura itu mengatakan, penegasan melalui surat edaran bupati ini diberikan kepada masyarakat dan juga seluruh pemilik ruko yang ada di jalan utama kota Sentani agar tidak lagi membuang sampah di atas trotoar atau bahu jalan. Sehubungan dengan itu, menjelang penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional ini pihaknya sudah menjadwalkan untuk pelaksanaan pengangkutan sampah.

“Dengan ketersediaan armada saat ini kami akan melakukan pengangkutan sampah lebih awal sekitar jam 3 pagi,” ungkapnya.
Kemudian selanjutnya sekitar pukul 6 pagi seluruh petugas kebersihan yang bertugas sudah stand by di setiap venue dan melakukan pembersihan sampah.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam rangka menyambut Pekan Olahraga Nasional yang siap diselenggarakan Oktober tahun ini, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura juga meminta keterlibatan seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Jayapura khususnya di wilayah kota Sentani, Waibhu dan Sentani Timur, agar membantu pemerintah dalam hal penanganan sampah-sampah dari rumah tangga. Dengan tertib membuang sampah pada jam dan tempat yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

“Sehingga tamu-tamu yang datang tidak mempunyai kesan bahwa di Kabupaten Jayapura ini kotor,” ujarnya. (Irf)


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here