Bupati Piter Gusbager : LMA dan Dewan Adat Harus Bersatu Kelola Daerah

0
134
Bupati Keerom, Piter Gusbager SHut, MUP,. (Arief/lintaspapua.com)

KEEROM  (LINTAS PAPUA)  – Bupati Keerom, Piter Gusbager SHut, MUP, mengemukakan bahwa pembinaan SDM masyarakat adat termasuk secara kelembagaan, dan pranata kebudayaannya, adalah hal yang penting. Karena masyarakat adat membutuhkan peningkatan kapasitas agar masyarakat menjadi salah satu motor penggerak pembangunan bukan bahkan terkesan sebagai menghambat pembangunan.

Karenanya, ia menyambut gembira adanya kegiatan sosialisasi ‘Pengelolaan Budaya yang Masyarakat Pelakunya Lintas Daerah kabupaten/kota dalam satu daerah, (pembinaan SDM, Lembaga dan Pranata Kebudayaan di Kabupaten Keerom yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua di Arso Grande Hotel Keerom, yang dibuka pada Selasa (21/9/2021) pagi.

‘’Saya sambut gembira kegiatan ini karena ini adalah kegiatan yang sangat penting. Pembinaan SDM, lembaga dan pranata kebudayaan berupa norma, aturan, dan nilainya. Hubungannya jelas, karena tanpa SDM yang baik maka masyarakat adat tak akan berkembang,’’ ujarnya saat memberi  sambutan sekaligus membuka acara tersebut.

Ia menambahkan, bahwa masyarakat adat membutuhkan peningkatan kapasitas. Ia mencontohkan di Keerom, terlalu banyak masalah yang sampai saat ini belum terselesaikan karena kapasitas SDM, dan juga struktur kelembagaan yang belum baik dan juga pranata atau nilai budaya yang belum terdokumentasi dan terdistribusi baik bahkan sampai lintas generasi.

Kegiatan yang dilaksanakan ini diikuti masyarakat dan tokoh adat, para ketua dan pengurus LMA dan DAK Keerom. Diantaranya Bonefasius Muenda (Ketua LMA Keerom), Servo Tuamis (Ketua Dewan Adat Keerom) dan dari pemerintahan selain bupati juga hadir asisten I Setda Keerom, Daniel Pantja Pasanda, Plt Kadinas Pariwisata Keerom, Anton Sumel, Kadinas Pendidikan dan Kebudayaan Keerom, Noak Wasanggai dan tamu undangan lainnya. (ariefnugroho/lintaspapua.com)


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here