Dukung SDM Infrastruktur Papua, Universitas Cenderawasih Resmi  Hadirkan Pasca Sarjana Prodi Rekayasa Energi Terbarukan

0
404
Situasi Belajar Pembukaan S2 program studi magister “Rekayasa Energi Terbarukan” pada Universitas Cenderawasih. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Universitas Cenderawasih (Uncen)  terus melakukan kemajuan dalam bidang – bidang keilmuan dan komitmen bangun  Sumber Daya Manusia (SDM) di segala bidang di tanah Papua, sebagaimana telah resmi hadirkan S2 program studi magister “Rekayasa Energi Terbarukan.

Suasana Program Studi magister “Rekayasa Energi Terbarukan” pada Universitas Cenderawasih,. (ISTIMEWA)

Hal ini dibenarkan dan disampaikan Staff Pengajar, yang juga Ketua Program  Studi Magister  (S2) Rekayasa Energi Terbarukan,  Dr. Ir.  Johni Jonatan Numberi, M.Eng, IPM., saat dikonfirmasi lintaspapua.com di Kampus Pasca Sarjana Universitas Cenderawasih (Uncen).

 

“Pembukaan S2 program studi magister “Rekayasa Energi Terbarukan” pada Universitas Cenderawasih, merupakan program studi baru dalam pengembangan infrastruktur, khususnya infrastruktur energi baru dan terbarukan,” ujar  Dr. Ir.  Johni Jonatan Numberi, M.Eng, IPM.

Dijelaskan, bahwa dalam melihat percepatan pembangunan di Tanah Papua, lebih khusus  pembangunan industri, jalan dan jembatan , sekolah dan jasa perhotelan, semuanya membutuhkan energi.

“Termasuk investasi untuk mendapatkan energi baru, seperti smelter dan pertambangan baru, minyak gas, tentunya semuanya membutuhkan energi,”  lanjut Johni Jonatan Numberi.

 

“Kami berharap dinas – dinas terkait, seperti perhubungan, PUPR dan dinas perdagangan maupun dinas lainnya dapat mengambil kesempatan ini untuk belajar hal baru dari energy baru dan terbarukan,”

 

Johni Jonatan Numberi menjelaskan,  hal tersebut diatas tentunya dalam percepatan pembangunan itu, harus dibarengi  dengan percepatan Sumber Daya manusia (SDM), untuk itu,  Universiats Cenderawasih (uncen) menyiapkan sumber daya manusia dalam bidang energi.

 

“Kiat sudah ajukan permintaan sejak tahun 2020, namun kini  mendapatkan ijin dari Menteri Menteri Penddidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi nomor  4245/E/9/2021 tentang izin pembukaan program studi rekayasa energy terbarukan,  program magister  pada Universitas Cenderawasih di Kota Jayapura,” ungkap Dosen Uncen, yang juga Dekan Fakultas Teknik Uncen.

Dari informasi yang diterima, kini telah terdaftar delapan mahasiswa angkatan pertama sudah berjalan sejak bulan Agustus 2021, sesuai jadwal matrikulasi dan tugas mengajar  semester ganjil tahun akademik 2021/2022 pada  program magister dan doktor di lingkungan program pascasarjana Universitas Cenderawasih.

 

Sementara untuk dosen yang mengajar sebanyak Sembilan orang sesuai kehalian yang dimiliki dengan lima mata kuliah, dengan jadwal perkuliahan dari pukul 16.00 -17.30, setiap hari Senin hingga Kamis. (***)


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here