Pilkam di Keerom Dijadwalkan 14 November,  17 Kampung Laksanakan Pemilihan Langsung

0
356
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Keerom, Arbin Siagian. ( (ariefnugroho/lintaspapua.com)

KEEROM (LINTAS PAPIUA) – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Keerom, Arbin Siagian, mengemukakan sesuai dengan tahapan penjadwakan yang dikeluarkan oleh DPMK dan disetujui Bupati Keerom, bahwa Pemilihan Kepala Kampung Serentak (Pilkam) di Kabupaten Keerom akan dilaksanakan  pada tanggal 14 November 2021.

‘’Untuk tahun ini ada 22 kampung yang laksanakan Pilkam, sebanyak 17 diantaranya dilaksanakan pemilihan melalui mekanisme pemungutan suara dan 5 kampung lainnya melakukan pemilihan pejabat antar waktu (PAW). Sesuai Permendagri no 112 bahwa untuk PAW dilakukan dengan dua cara yaitu melalui musyawarah kampung atau melalui pencoblosan,’’ujarnya kepada wartawan di ruang kerjanya belum lama ini.

Ia mengemukakan bahwa untuk Keerom umumnya dilaksanakan melalui Muskam karena terkait biaya, waktu dan lain-lain. Walaupun tak menutup kemungkinan bisa juga dilakukan pemungutan suara atau pencoblosan.

Sementara untuk pembiayaan, untuk 17 kampung yang melakukan pemilihan, biayanya akan ditanggung APBD Keerom, sedangkan untuk 5 kampung PAW akan dibebankan kepada APBK Kampung.

Dia menambahkan bahwa pemilihan kepala kampung telah diatur dengan Permendagri no 72 tahun 2020. ‘’Namun penekanan untuk Permendagri ini adalah penerapan protol covid-19, mulai dari persiapan hingga pelantikan, bahkan pelantikan bila terpaksa akan dilakukan secara daring. Namun ita tentunya berharap pandemic ini sudah mulai menurun, sehingga semua bisa berjalan dan sesuai rencana,’’ujarnya lagi.

Terkait persiapan, ia mengemukakan pihaknya telah menyurat ke kampung bahwa surat tersebut menyebut bahwa proses yang telah dilakkukan tetap berjalan. ‘’Saat ini Bamuskam telah mulai membentu panitia pemilihan yang nantinya akan disampaikan ke Bupati melalui kadistrik,’’tambahnya. (ariefnugroho/lintaspapua.com)


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here