Herald Berhitu Dilantik Sebagai Ketua IKEMAL Kabupaten Jayapura

0
30
Ketua IKEMAL Pusat di Tanah Papua, Christian Sohilait, M.T., M.Si, ketika memasang kain berang dan menyerahkan bendera pataka kepada Ketua IKEMAL Kabupaten Jayapura yang baru dilantik, Herald J. Berhitu. (IRFAN / LINTASPAPUA.COM)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Herald J. Berhitu, resmi dilantik sebagai Ketua Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL) Kabupaten Jayapura periode 2021-2026.

Pelantikan dan pengukuhan yang berlangsung di Kediaman Bupati Jayapura, Kemiri, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura itu dipimpin langsung oleh Ketua IKEMAL Pusat di Tanah Papua Christian Sohilait, M.T., M.Si.

Pelantikan tersebut ditandai dengan penandatanganan berita acara pengukuhan oleh Ketua IKEMAL Kabupaten Jayapura Herald J. Berhitu, juga disaksikan dan disahkan oleh sesepuh mewakili pemerintah daerah Kabupaten Jayapura, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, juga penyerahan Parang Salawaku dan pengikatan kain berang di kepala serta penyerahan pataka.

Christian Sohilait mengatakan pengurus IKEMAL Kabupaten Jayapura yang baru dilantik ini merupakan kepengurusan kedua yang dilantik semenjak dirinya memimpin IKEMAL Pusat di Tanah Papua.

“Ini merupakan kepengurusan kedua yang saya lantik disaat saya menjadi ketua IKEMAL. Kemarin bulan Juni lalu saya lantik di Merauke, kemudian di Kabupaten Jayapura ini merupakan kepengurusan kedua yang saya lantik dari tujuh yang sudah siap terpilih. Yakni, Nabire, Deiyai, kemudian Serui dalam proses dan Manokwari. Namun ini merupakan kepengurusan yang kedua,” katanya ketika dikonfirmasi wartawan usai acara pelantikan Ketua dan Pengurus IKEMAL Kabupaten Jayapura Periode 2021-2026, kemarin malam.

Lanjut mantan Ketua IKEMAL dan Kepala Suku Besar Maluku se- Pegunungan Tengah ini pun mengingatkan bahwa IKEMAL adalah organisasi sosial kemasyarakatan yang bertanggung jawab meningkatkan persaudaraan dan kekeluargaan, serta mendukung program pemerintah daerah Kabupaten Jayapura.

“Tugasnya itu adalah memberikan support kepada pemerintah daerah Kabupaten Jayapura, kemudian tugas kedua atau pekerjaan rumah (PR) ke dalam itu adalah untuk menghimpun seluruh keluarga Maluku yang ada di Kabupaten Jayapura. Selain memberikan support kepada pemerintah daerah, juga harus menghimpun dan membantu keluarga Maluku,” imbuh Christian Sohilait.

Menjelang PON XX Papua Tahun 2021, ia meminta kepada warga IKEMAL Kabupaten Jayapura juga harus memberikan support terhadap pelaksanaan PON XX di Papua, khususnya di Klaster Kabupaten Jayapura, seperti soal mengikuti pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

“Mari pastikan bahwa kita sudah divaksin. Nah, dalam program kedepan kami akan melakukan program vaksinasi massal Covid-19 dan kami akan sampaikan kepada seluruh pengurus IKEMAL Kabupaten Jayapura untuk dapat mensukseskan program tersebut,” paparnya.

Pada kesempatan tersebut, Christian Sohilait juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Bupati Jayapura Mathius Awoitauw yang telah menyediakan tempat kepada warga Maluku yang ada di daerah ini guna melaksanakan pelantikan dan pengukuhan pengurus IKEMAL Kabupaten Jayapura periode 2021-2026.

Sementara itu, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, kepada wartawan mengapresiasi keluarga besar IKEMAL Provinsi Papua maupun Kabupaten Jayapura yang terus menjalankan roda organisasi dan juga reorganisasi.

“Kami berharap pengurus IKEMAL Kabupaten Jayapura yang baru dilantik ini bisa meningkatkan kerjasama dan juga bisa ikut berkontribusi dalam program-program bersama di Kabupaten Jayapura, terutama tadi kita sudah mengajak semuanya untuk mensukseskan PON XX,” ucapnya. (Irf)


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here