Angkatan Udara AS-RI Tingkatkan Keterampilan Bantuan Kemanusiaan / Tanggap Bencana Melalui Pacific Airlift Rally 21

0
67
Sebuah Peninggalan Perang DUnia Kedua di Hawaii Honolulu Amerika. (Eveerth Joumilena/lintaspapua.com)

PANGKALAN GABUNGAN PEARL HARBOR-HICKAM, HAWAII (LINTAS PAPUA) –  Penerbang Pacific Air Forces Amerika Serikat dan personel TNI AU Indonesia akan mengikuti latihan Pacific Airlift Rally (PAR) 2021 di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, pada 6-10 September 2021 untuk meningkatkan keterampilan dalam bantuan kemanusiaan/tanggap bencana.

 

Sekitar 47 penerbang dan satu unit C-130J Super Hercules dari 36th Airlift Squadron, 374th Airlift Wing, yang berbasis di pangkalan udara Yokota, Jepang, beserta 37 personel dan satu unit C-130H Hercules dari TNI AU akan mengikuti latihan pos komando, latihan lapangan, dan pertukaran ahli.

“PAR merupakan kesempatan unik untuk mendorong kerja sama militer regional dan meningkatkan interoperabilitas penerbangan, saat kita berlatih bersama untuk mengantisipasi upaya bantuan kemanusiaan dan tanggap bencana di masa depan,” ujar Komandan 36th Airlift Squadron Let. Kol. Steven M. Massie II. “Melalui pelatihan ini, angkatan kedua negara bisa berbagi teknik dan keterampilan, tapi lebih utama lagi, membangun hubungan dengan sekutu-sekutu regional yang akan meningkatkan kemampuan kita dalam merespons bencana dan menyelamatkan nyawa.”

PAR21 akan menjadi pengulangan latihan pertama sejak pandemi COVID-19. Langkah-langkah mitigasi yang ekstensif, disertasi koordinasi dengan tenaga medis militer dan kesehatan masyarakat, akan diupayakan untuk meningkatkan keselamatan, kesejahteraan para peserta dari AS maupun Indonesia. (***)


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here