Presiden Joko Widodo Diminta Gunakan Pakaian Jabatan Kepala Suku Besar Sentani Saat Membuka PON XX 2021 di Papua

0
257

Ondofolo di Distrik Sentani Timur Mendukung Pelaksanaan PON XX di Kabupaten Jayapura.

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Tokoh Adat di Kabupaten Jayapura khususnya para Ondofolo yang ada di wilayah Sentani Timur menyatakan sikap mendukung penuh pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Kabupaten Jayapura.

Pernyataan sikap ini dilakukan karena melihat event nasional ini sangat penting, dan perlu dukungan semua pihak mulai dari kota hingga hingga ke kampung-kampung. Sebab, semak mendekati pelaksanaannya, masih ada persoalan atau masalah hak ulayat terjadi jelang pelaksanaan PON XX 2021 di Papua.

Ondofolo Heram Asei Yansen Ohee ketika menyerahkan pernyataan sikap dukungan tokoh adat atau Ondofolo di wilayah Distrik Sentani Timur (Ralibhu) kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam hal ini diterima oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, Timothius J. Demetouw, di Obhe Oheey, Kampung Nolokla, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Senin (16/8/2021). (Irfan /lintaspapua.com)

Iven PON XX di Papua akan berlangsung bulan Oktober 2021 mendatang. Kabupaten Jayapura sebagai salah satu daerah yang mendapatkan kepercayaan dari pemerintah sebagai klaster pelaksanaan PON XX Tahun 2021.

Di mana, Pemkab Jayapura telah melakukan berbagai kesiapan untuk menyambut perhelatan empat tahunan tersebut. Sehingga tokoh-tokoh adat dalam hal ini Ondofolo di wilayah Sentani Timur, Kabupaten Jayapura ikut menyuarakan gema PON segera di gaungkan.

“Dengan adanya pernyataan sikap yang kami serahkan kepada pihak Pemda Kabupaten Jayapura, kami para Ondofolo mendukung penuh PON XX tahun 2021 di atas tanah kami,” Ondofolo Heram Asei, Yansen Ohee kepada wartawan usai menyerahkan pernyataan sikap dukungan PON XX/2021 kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura, di Obhe Oheey, Kampung Nolokla, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Senin (16/8/2021).

“Segala bentuk aksi pemalangan dan juga tindakan-tindakan melarang atau memalang kegiatan hajatan PON XX tahun 2021 di klaster Kabupaten Jayapura, kami dengan tegas menolak seluruh aksi-aksi tersebut,” tambahnya.

Oleh sebab itu, pihaknya meminta kepada pemerintah untuk bisa mengamankan segala tindakan-tindakan tersebut secara aturan hukum yang berlaku.

“Segala bentuk aksi dan tindakan pemalangan di atas lokasi tempat penyelenggaraan atau tanah yang di bangun venue PON XX 2021, kami seluruh tokoh adat dan tokoh masyarakat bersama-sama akan menjaga lokasi tempat penyelenggaraan PON tersebut. Sehingga ada kenyamanan bagi tamu-tamu dari luar yang datang untuk mengikuti iven olahraga terakbar yang akan dilaksanakan di atas kami itu,” pintanya.

Lebih lanjut Yansen Ohee mengajak seluruh masyarakat Papua pada umumnya, khususnya Kabupaten Jayapura dan terlebih khusus lagi kepada warga di Distrik Sentani Timur (Ralibhu) ikut mendukung penuh dan menyukseskan PON XX 2021, karena ini merupakan bagian dari pembangunan di Papua, khususnya Kabupaten Jayapura.

“Masyarakat di Kabupaten Jayapura, khususnya Distrik Sentani Timur harus mendukung penuh iven PON dan antusias ikut menyukseskan pelaksanaan PON XX 2021 di Klaster Kabupaten Jayapura,” ajak Yansen Ohee.


Berikut pernyataan sikap Ondofolo di wilayah Distrik Sentani Timur mendukung suksesnya PON XX 2021 di Klaster Kabupaten Jayapura, sebagai berikut:

1. Kami menolak segala bentuk aksi dan tindakan pemalangan atas tanah yang di bangun venue PON XX 2021 Papua dan juga mendukung penuh serta menyukseskan pelaksanaan PON XX 2021 di Papua.

2. Meminta kepada bapak Presiden RI Joko Widodo mengenakan pakaian jabatan Kepala Suku Besar Sentani saat membuka PON XX 2021 di Papua.
3. Kirab Api PON XX dilakukan dalam bentuk budaya Sentani dengan melewati Danau Sentani, dan

4. Kami meminta dengan hormat agar pemerintah memberi solusi dalam masalah hak ulayat yang belum terselesaikan sebelum pelaksanaan PON XX 2021 yang berlangsung di Provinsi Papua. (Irf)


 

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here