<
Lintaspapua.com

Operasi Yustisi di Kota Jayapura, 9 Orang Jalani Hukuman Kurungan Penjara

LINTAS PAPUA - Jumat, 6 Agustus 2021 - 19:47 WITA
Operasi Yustisi di Kota Jayapura, 9 Orang Jalani Hukuman Kurungan Penjara
 ()
Penulis
|
Editor

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Pemerintah kota Jayapura melaksnakan operasi Yustisi Peraturan Daerah (Perda) nomor 3 tahun 2021, Jumat (6/8) di Lapangan parkir PTC Entrop, Distrik Jayapura Selatan, kota Jayapura.

Dalam operasi tersebut terdapat 9 orang yang menjalani hukuman penjara selama 1×24 jam di Lapas Abepura.

Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru mengatakan, ke-9 orang tersebut ditahan karena tidak sanggup menyelesaikan kewajiban sehingga dibawah ke Lapas Abepura.

“Mereka tadi sudah diberikan waktu sampai selesai sidang tetapi tetapi tidak bisa membayar sehingga di bawa ke Lapas, kalau besok sudah dibayar mereka aka ketemu Jaksa untuk menyelesikan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam operasi Yustisi jika ada pelanggar (tidak menggunakan masker) akan diarahkan ke tempat rapit antigen.

“Sebanyak 66 orang terjaring dalam operasi Yustisi karena tidak menggunakan masker. Ke 66 pelanggar tersebut saat melakukan rapit antigen semua dinyatakan negatif,” katanya.

Rustan juga menuturkan, dalam operasi tersebut juga sebanyak 56 orang yang menjalani proses hukum (sidang) sementara 10 orang tidak menjalani proses hukum (anak-anak).

“Jika ada yang positif kita arahkan ke LPMP atau tempat isolasi sementara yang negatif kita proses hukum sesuai Perda,” kata Rustan.

Dijelaskan, jika telah diputuskan dalam sidang oleh jaksa dan terbukti melanggar maka akan dikenai denda Rp.200 ribu tetapi jika tidak membayar maka akan dipindahkan ke tempat yang telah disediakan.

“Di tempat tersebut kita akan menunggu atau diberi waktu bagi pelanggar untuk membayar, tetapi kalau sudah melewati waktu maka mobil tahanan sudah menunggu dan dibawa ke Lapas Abepura, dengan hukuman 1×24 jam,” jelasnya.

Gracio

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
123