Bupati Mathius Awoitauw Lantik Forum Solidaritas Paguyuban Nusantara

0
147
Nampak para pengurus Forum Solidaritas Paguyuban Nusantara (SOPAN) Kabupaten Jayapura ketika melakukan gladi bersih di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (16/7/2021) sore. (Irfan /lintaspapua.com)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Jika tak ada aral melintang, pada Sabtu (17/7/2021) beosk, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, akan melantik dan mengukuhkan Badan Pengurus Daerah (BPD) Forum Solidaritas Paguyuban Nusantara (SOPAN) Kabupaten Jayapura di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura

Forum SOPAN sendiri merupakan wadah berhimpun para tokoh-tokoh dari lintas paguyuban Nusantara se-Kabupaten Jayapura yang didirikan pada bulan November tahun 2006 lalu di Kabupaten Jayapura yang pertama memiliki forum Paguyuban Nusantara di Indonesia. Seluruh pengurus dan anggotanya pun dijadwalkan akan hadir pada acara tersebut.

Saat ini, Ketua BPD Forum Solidaritas Paguyuban Nusantara (SOPAN) Kabupaten Jayapura periode 2021-2026 dijabat oleh H. Karim. Ia terpilih dan ditetapkan sebagai ketua pada Musyawarah Daerah (Musda) II Forum SOPAN Kabupaten Jayapura pada April lalu.

“Jadi yang lantik dan kukuhkan serta menSK-kan itu adalah bapak Bupati Jayapura. Karena forum SOPAN ini pertama kali dicetus pada bulan November tahun 2006 lalu, dan Kabupaten Jayapura yang pertama mempunyai forum paguyuban Nusantara diseluruh Indonesia,” demikian kata Ketua Panitia Pelaksana Pelantikan BPD Forum SOPAN, Ganefo, SP, ketika dikonfirmasi wartawan media online ini disela-sela kegiatan gladi bersih, di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (16/7/2021) sore.

Ganefo mengatakan, bahwa besok (hari ini) pagi pihaknya akan mengadakan pelantikan badan pengurus baru Forum Solidaritas Paguyuban Nusantara atau SOPAN Kabupaten Jayapura masa bhakti 2021-2026.

“Selain mengadakan pelantikan, juga akan menampilkan tari-tarian lintas etnis, karena kami di forum ini merupakan lintas agama, lintas suku dan lintas budaya. Kemudian, juga dalam rangka keselamatan Kabupaten Jayapura dari ancaman virus Covid-19 ini ada doa bersama dari lintas agama, baik itu Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu dan Buddha,” jelas pria yang juga Sekretaris Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Jayapura tersebut.

Dalam pelantikan tersebut, juga akan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 dengan mencuci tangan saat memasuki lokasi acara, menggunakan masker, menjaga jarak, kemudian yang menghadiri acara pelantikan itu diperkirakan sekitar 200-300 orang serta tidak menyediakan makanan prasmanan atau hanya menyediakan makanan kotak.

Untuk diketahui, wadah Forum Solidaritas Paguyuban Nusantara (SOPAN) Kabupaten Jayapura ini pertama kali dicetuskan oleh Bupati Jayapura sebelumnya, Alm. Habel Melkias Suwae. (Irf)


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here