Unicef & Yakenpa dukung Usaha Kesehatan Sekolah Papua.

0
128

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)- Pemerintah Provinsi Papua melalui Sekretariat Daerah melaksanakan Lokakarya Penyusunan Road Map Pengembangan Kelembagaan Usaha Kesehatan Sekolah dan Madrasah (UKS/M) di Provinsi Papua, mengundang Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) teknis yang berhubungan dengan Usaha Kesehatan Sekolah dan Madrasah. Kegiatan didukung oleh Unicef dan Yayasan Noken Papua, selama dua hari, bertempat Fox Hotel jayapura, Selasa (29/6/2021).

Tim Sekretariat UKS/M Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Agus Suharyanto, menjelaskan kondisi UKS di Papua “Hari ini terkait kondisi sanitasi sekolah di Papua masi 25% yang terpenuhi, perlu penanganan yang serius, pintu masuknya adalah UKS. Perlu di buat kelembagaan UKS, Harus ada penanganan perlu kerjasama,”Jelasnya.

Specialis Pendidikan Unicef, Pria Santri Bringin, mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan sekolah tatap muka sesuai arahan mentri pendidikan, serta memberikan hal anak.”Dalam pemenuhan hak anak dengan intervensi UKS adalah hak untuk tumbuh kembang prima dan hak untuk perlindungan. Mempersiapkan untuk anak kembali sekolah tatap muka dengan aman dan sehat,”Katanya.

Ketua Yayasan Noken Papua, Nani menyatakan sudah mengambil langkah maju dengan memetakan kluster dan membuat program dokter kecil.

“Kita memetakan dulu ada empat kluster yang bisa kita buat, yang pertama koordinasi, kebijakan, perencanaan angaran, monitoring dan evaluasi. UKS program terlupakan,Kita coba mengangkat lagi dengan SK Gubernur, kita dorong. Kita sudah melatih dokter kecil SD, SMP, untuk memberikan informasi bagi sekolah, tempat ibadah soal manajemen kebersihan mentruasi.

Yakenpa dan Unicef juga menekankan hal penting bagi program UKS yaitu:  perlu ada toilet, tempat sampah, air yang banyak, cermin, fungsinya untuk melihat tembus atau tidak, ketersediaan pembalut. Yakenpa di Mamberamo tengah, sudah melatih membuat pembalut kain, bagi murid Wanita, karena keterbatasan tersedianya pembalut di Memberamo Tengah.(Fransisca/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here