<
Lintaspapua.com

Kejar UHC 98 Persen, Keerom Akan Daftarkan 4.999 Jiwa

LINTAS PAPUA - Senin, 28 Juni 2021 - 13:43 WITA
Kejar UHC 98 Persen, Keerom Akan Daftarkan 4.999 Jiwa
Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, saat menerima audience dari BPJS Cabang Jayapura di ruang kerjanya, Rabu (23/6/2021) siang. (Arief/lintaspapua.com) ()
Penulis
|
Editor

Bupati Piter Gusbager : Penting Untuk Masyarakat Dapat Jaminan Kesehatan dari BPJS.

KEEROM (LINTAS PAPUA) –  Dalam rangka mencapai target cakupan kesehatan semesta atau UHC (universal health coverage) yaitu 98 persen untuk tahun 2021, maka Pemkab Keerom akan mendaftarkan sebanyak 4.999 jiwa lagi untuk bisa dimasukkan dalam kepesertaan JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat) melalui BPJS Kesehatan.

Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, mengemukakan hal ini usai menggelar audience dengan BPJS Cabang Jayapura di ruang kerja Kantor Bupati Keerom pada Rabu (23/6/2021) siang. Turut Serta pada audience ini, Kepala BPJS Cabang Keerom, Ferdinan H. Samosir dan jajaran, serta dari Dinkes Keerom ada Kabid Kesmas, Bernarda Monika Jovita, SKM, MKes.

‘’BPJS adalah mitra kita dalam memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat, dalam hal ini, sesuai target UHC yaitu 98 persen maka kita akan daftarkan sekitar 4.999 jiwa lagi masyarakat Keerom. Untuk ini kami berkomitmen mendukung BPJS agar target tersebut bias terpenuhi tahun ini, karena ini penting untuk masyarakat dapat jaminan kesehatan dari BPJS,’’ujarnya kepada wartawan, usai kegiatan tersebut.

Ditambahkan, bahwa jaminan kesehatan semesta atau UHC adalah sangat penting bagi masyarakat Keerom. ‘’Tanpa jaminan kesehatan, maka pemerintah kabupaten akan kewalahan, karena kitra tahu bahwa secara demografis masyarakat keerom masuk kategori middle class kebawah cukup besar, maka jaminan kesehatan ini memang sangat diperlukan,’’lanjutnya.

Untuk mendukung tersebut, menurutnya, ia akan mengintruksikan SKPD terkait untuk bisa membantu BPJS dalam penyiapan data penduduk sejumlah tersebut by name, by address. ‘’Segera akan saya keluarkan surat resmi untuk mendukung hal ini, untuk segera disiapkan datanya, termasuk untuk jajaran apparat kampung dan keluarganya,’’pungkasnya.

Sementara itu, kepala BPJS Cabang jayapura, mengemukakan terimakasih atas dukungan Bupati Keerom untuk mencapai UHC 98 persen sesuai target nasional.

‘’Kami akan terus bekerjasama dengan Pemkab Keerom untuk mencapai standar UHC 98 persen tersebut. Dari data yang kami peroleh kita butuh sekitar 4.999 jiwa untuk mencapai standar tersebut,’’ujarnya

Ditambahkan dengan coverage 98 persen tersebut, maka diharapkan masyarakat Keerom nantinya tidak akan mendapat kesulitan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan bahkan tanpa perlu menunjukkan kartu BPJS. (arief/lintaspapua.com)


 

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
123