Gebyar PON Resmi Dibuka, Gubernur Lukas Enembe : Papua Siap Jadi Tuan Rumah PON XX 2021

0
129

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Gebyar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021, dibuka secara resmi oleh Gubernur Papua Lukas Enembe yang diwakili oleh staf ahli Gubernur Priwarno Purnomo, di halaman kantor Gubernur, Sabtu (19/6/2021) malam.

Artis nasional Ras Muhamad, Band Kotak serta puluhan band lokal tampil menghibur masyarakat di kota Jayapura.

Dalam sambutan Gubernur Papua, Lukas Enembe, yang dibacakan Priwarno Purnomo, menyampaikan apresiasi kepada PB PON XX atas terselengaranya kegiatan Gebyar PON. Ini membuktikan Papua siap dan bisa melaksanakan pesta olahraga terbesar di Indonesia tersebut.

“Kita bisa membuktikan bahwa Papua torang bisa, Melahirkan atlit-atlit yang berprestasi dan bermental juara, sehingga bisa tampil di ivent- Ivent olahraga Nasional maupun internasional,” ujarnya

Perjalanan PON sebagaimana dikatakan Priwarno, bermula dari Obsesi dan keinginan Gubernur Papua, Lukas Enembe dan wakil Gubernur Klemen Tinal (almarhum) untuk membangkitkan olahraga di Indonesia Timur, khususnya di tanah Papua, sehingga Gubernur dan Wakil Gubernur berkomitmen menyelengarakan PON di bumi Cenderawasih.

“Kegiatan ini agar dapat memperhatikan protokol kesehatan, sebab PON tahun ini berbeda dengan PON sebelumnya,” katanya.

Sementara itu, Ketua Harian PB PON,Yunus Wonda, mengakui kalimat “torang bisa”, memilki makna yang besar. Pelaksanaan PON bukan hanya menjadi tangung jawab seluruh masyarakat Kota Jayapura tetapi seluruh anak Papua akan terlibat.

“Kami akan pastikan seluruh anak Papua, baik musisi, seniman dan lainnya dilibatkan dalam PON, kita tunjukan kepada Indonesia, kita punya adat, danau sentani dan alam Papua akan tersenyum menyambut anak bangsa yang datang ke Papua, dan mereka juga akan kembali dengan senyum yang sama,” kata Yunus.

Ketua Sub PB PON Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengatakan gebyar PON XX merupakan kegiatan untuk mengaunkan  PON yang sudah didepan mata. Kota Jayapura sebagai sub PB PON siap sukseskan penyelengaraan event empat tahunan tersebut.

Ditambahkan, kota Jayapura terdapat banyak pelaksanaan cabang olahraga, dukungan dari PB PON sangat diharapkan demi mensukseskan PON yang akan berlangsung Oktober mendatang.

“Saya berpesan untuk menyuarakan PON dilingkungan kita dan Indonesia , bahwa Papua aman, Torang bisa melaksanakan PON, kota Jayapura, dari 25  Distrik, hanya Distrik Heram yang masuk Zona merah, saya percaya pada bulan  Juli keluar dari Zona merah menuju Hijau,” ujar BTM, sapaan akrabnya.

Masih ditempat yang  sama, Sekretaris umum KONI Papua, Kenius Kogoya, berharap para atlet bisa membuktikan jika Papua bisa berprestasi di event nasional.

“PON dalam100 tahun kedepan belum tentu ada di Papua, sehingga saya harap atlet bisa membuktikan jika Papua bisa. Kami selalu berpatisipasi sejak PON VII , dan saat ini Papua dipercayakan sebagai tuan rumah,” ujarnya.

“Kami ingin membuktikan kepada dunia dan  Indonesia bahwa atlit-atlit Papua bisa berprestasi di PON Papua,” tandas Kogoya. (Gracio)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here