Ketua Ikemal di Tanah Papua Apresiasi Kehadiran Empat Raja Dari Malteng Ke Kota Jayapura

0
335

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Ketua Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL) pusat di tanah Papua, Christian Sohilait mengapresiasi kedatangan raja dari empat Negeri yang berada di Maluku Tengah (Malteng) ke kota Jayapura. Empat negeri tersebut yakni Boi, Aboru, Kariu dan Hualoy.

Kedatangan raja dari empat negeri itu dalam rangka pengukuhan ikatan pela gandong Boi, Aboru, Kariu dan Hualoy (BAKH).

“Saya beri apresiasi, ini ada euforia dari pada masyarakat Maluku di Papua yang mempererat kekeluargaan lewat ikatan. Kalau sebelumnya ada ikatan pemuda tetapi hari ini sudah ada ikatan pela gandong apalagi dihadiri langsung oleh raja mereka ini sesuatu yang luar biasa, artinya mereka mau kasi tahu bahwa kami masyarakat Papua kita juga jaga adat istiadat itu,” kata Christian, Jumat, (18/6) malam.

Menurutnya, kehadiran raja dari empat negeri ini juga secara langsung memberikan motivasi bagi masyarakat mereka yang berada di tanah rantau dan juga memberikan kekuatan bagi anak-anak Maluku di tanah Papua.

“Paling tidak kehadiran mereka membuat masyarakat merasa bangga, ini momentum yang baik,” ujarnya.

Makan Malam Bersama Wali Kota Jayapura

Kedatangan empat raja dari Maluku Tengah ke kota Jayapura disambut wali kota Jayapura, Benhur Tomi Mano. Mereka diundang makan malam bersama di rumah jabatan wali kota Jayapura, Jumat malam.

Momentum makan malam bersama wali kota Jayapura, kata Christian, merupakan momen sangat penting. Untuk itu, dirinya berharap orang Maluku khususnya di kota Jayapura dapat menjaga pesan wali kota Benhur Tomi Mano, untuk menjaga stabilitas keamanan di wilayah teraebut.

“Saya pikir pesan itu sama dengan yang kita inginkan. Kita harap kehadiran raja dari Maluku Tengah mampu membuat masyarakat Maluku disini mampu menjaga situasi keamanan,” ucapnya. (Gracio)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here