Komitmen Bangun SDM Papua, Pemkab Merauke Penandatanganan MoU Bersama Papua Language Institute

0
161
Suasana Penandatanganan Pemkab Merauke bersama Papua Language Institute. (Humas PLI)

MERAUKE (LINTAS PAPUA) – Menindaklanjuti pertemuan antara Pemerintah Kabupaten Merauke dan Papua Language Institute (PLI) pada 19 April 2021 lalu di kantor Bupati Kabupaten Merauke, dan setelah melalui beberapa kali pertemuan sebelumnya, maka pada hari 7 Mei 2021 ini telah dilakukan MoU antara Pemda Merauke dipimpin langsung oleh Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka, MT dan Samuel Tabuni, selaku CEO PLI.

Sebagaimana disampaikan Humas Papua Language Institute, Abdiel F. Tanias, kepada media online lintaspapua.com beberapa waktu lalu,

Samuel Tabuni selaku CEO dari PLI., saat tanda tangan dan disaksikan Bupati Merauke bersama Para Pejabat Muspida Merauke. (Humas PLI).
Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka, MT., saat tanda tangan dan disaksikan Direkur PLI, Samuel Tabuni bersama unsur Muspida Merauke. (Humas PLI)

Abdiel F. Tanias menjelaskan, pusat kegiatan bertempat di Aula Winai kantor Bupati Merauke, Pemda Kab. Merauke dan PLI secara resmi telah bersepakat untuk berkolaborasi.

“Hal ini dalam rangka membina dan mempersiapkan calon-calon mahasiswa unggul Papua khususnya yang berasal dari Kabupaten Merauke, untuk melanjutkan studi S1 maupun S2 di berbagai universitas terbaik di luar negeri, yang merupakan jaringan dan mitra PLI,” ujar  Humas Papua Language Institute, Abdiel F. Tanias, saat dikonfirmasi sebelumnya.

Turut hadir dan menyaksikan penandatanganan MoU ini, Bapak Wakil Bupati Merauke, H. Riduan, S.Sos., M.Pd Ketua DPRD Kab.Merauke Ir. Drs. Benjamin I.R. Latumahina, Ketua OPD, Kesra, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Merauke, Tokoh Agama, Ketua KNPI, Ketua YPPK, Ketua Yayasan Sekolah Kalam Kudus Merauke. Sementara itu turut hadir mewakili PLI Dolvinus Womsiwor, Abdiel F. Tanias, dr. Zita Franses Wayam, Simon Balagaize, Agustinus Mahuze, dan Abinus Sama.

Selanjutnya Pemda Kab. Merauke bersama PLI akan mengadakan pertemuan teknis guna mematangkan persiapan pendaftaran dan proses seleksi calon mahasiswa unggul Papua yang rencananya akan segera dilakukan dalam waktu dekat ini.

Rencana baik ini diharapakan mendapat respon yang baik pula oleh masyarakat Kabupaten Merauke, sehingga visi untuk mewujudkan sumber daya manusia Papua yang cerdas, mandiri dan mampu bersaing dapat realisasikan.

Sebelum melakukan penandatanganan MoU, Bupati Romanus Mbaraka menegaskan, bahwa selama ini Pemda sudah cukup banyak memberi dukungan kepada mahasiswa asal Merauke yang berkuliah di Jawa dan sekitarnya, namun yang berkuliah di luar negeri masih sangat sedikit dan dapat dihitung dengan jari.

“Saya berharap melalui PLI anak-anak kita khususnya anak-anak suku Malind dan Anim bisa dipersiapkan karakter, mentalnya dan terutama kemampuan bahasa asing, untuk dikirim belajar ke berbagai negara di dunia. Saya ingin mematahkan stikma yang menganggap orang asli papua tidak mampu. Karena sesungguhnya kitapun mampu bila benar-benar dipersiapkan dengan baik.” harapnya.

Sementara itu,  Samuel Tabuni juga mengemukakan bahwa “seringkali anak-anak papua di bagian selatan ini, tidak dapat mengikuti program studi luar negeri, karena ketinggalan informasi. Saya berharap melalui Kerjasama ini, akan ada lebih banyak lagi anak-anak dari Merauke yang bisa disiapkan oleh lembaga kami, sehingga makin banyak anak-anak di selatan yang juga marasakan manfaat dari program beasiswa studi luar negeri yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Papua ini, maupun beasiswa-beasiswa lain yang disiapkan secara nasional untuk studi luar negeri.”

Sebagaimana diketahui bersama, sejak 2017 PLI menjadi salah satu institusi Pendidikan nonformal yang dipercayakan oleh Pemerintah Provinsi Papua untuk membina serta mempersiapkan calon mahasiswa unggul Papua, untuk tidak hanya mampu secara akademik di bidang bahasa dan sains saja, melainkan juga dipersiapkan dari aspek mental maupun karakter agar siap melanjutkan studi S1, S2, dan S3 di luar negeri seperti Amerika, Rusia dan beberapa negara lainnya.  (Humas Papua Language Institute)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here