Koalisi Partai Politik Akan Siapkan Tiga Nama Pengganti KT di Kursi Wagub

0
256

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Koalisi partai poltik pengusung Lukas Enembe –  Klemen Tinal (Lukmen) akan melakukan pertemuan untuk mencari pengganti almarhum Gubernur Papua, Klemen Tinal (KT).

Ketua koalisi partai poltik, Matius Awoitauw, kepada wartawan di Jayapura, Minggu (13/6). menyebutkan, setelah melakukan pertemuan dengan delapan pimpinan partai kemudian hasilnya akan diteruskan ke DPR Papua.

“Ada tiga nama yang nanti diajukan ke DPR papua dan akan dibahas dengan mekanisme yang ada sesuai ketentuan perundangan-undangan,” katanya.

Namun, untuk saat ini partai politik koalisi belum bisa melakukan reaksi apa-apa sebab permintaan keluarga almarhum meminta pembahasan pergantian posisi wakil Gubernur sesudah 40 hari pasca kepergian KT.

“Dalam situasi sekarang yang masih diselimuti kedukaan partai koalisi politik tidak melakukan reaksi untuk koordinasi membicarakan hal ini karena ada saran kalau bisa 40 hari dulu,” ujar Awoitauw.

Koalisi partai, lanjut Awoitauw, setelah melakukan pertemuan kemudian akan mendengarkan arahan Gubernur Lukas Enembe terkait pendamping yang mengisi kursi wagub hingga 2023 mendatang.

“Karena arahan dari Gubernur penting, sebab berpasangan kan harus cocok,” ujarnya.

Proses pembahasan ini lanjut kata Awoitauw, segera akan dilaksanakan mengingat dalam beberapa bulan kedepan agenda nasional akan berlangsung di Papua sehingga kehadiran Gubernur, Wakil Gubernur dan Sekretaris Daerah harus hadir.

“Event besar yang akan berlangsung di Papua harus sukses, dan itu membutuhkan Gubernur, Wagub dan Sekda,” ujar Matius Awoitauw.

Sementara itu, sekretaris koalisi partai Kusmanto mengatakan, pihaknya menghargai menghargai adat istiadat di Papua. Sehingga tentu proses pembahasan dilakukan setelah 40 hari kepergian almarhum.

“Tapi yang jelas sesuai mekanisme yang ada dalam peraturan perundang-undangan, partai koalisi yang akan rembukan kira-kira siapa yang akan kita usulkan,” ujarnya

“Kalau sekarang yang beredar di medsos ada nama-nama pengganti KT saya kira itu hanya wacana atau tetapi yang memutuskan adalah koalisi partai pengusung,” kata Kusmanto menambahkan. (Gracio)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here