Jemput Bola, Disdukcapil Lakukan Pelayanan Terpadu Adminduk di Kampung Nolokla

0
122
Nampak pelaksanaan pelayanan terpadu administrasi kependudukan yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jayapura di Kampung Nolokla, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Kamis (10/6/2021) lalu. (Irfan / lintaspapua.com)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) selaku Satuan Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura yang bertugas menangani bidang administrasi kependudukan berupa perekaman data kependudukan dan penerbitan dokumen pendaftaran penduduk serta pencatatan sipil selalu berupaya melakukan inovasi-inovasi terbaik dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Jayapura.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Jayapura, Herald J. Berhitu, S.Pd, M.Pd., saat diwawancara. (Irfan/lintaspapua.com)

Salah satu inovasi pelayanan yang dilakukan oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Jayapura adalah Jemput Bola Pelayanan Terpadu Administrasi Kependudukan (Adminduk).

Kegiatan pelayanan jemput bola ini dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jayapura bekerjasama dengan Pemerintah Kampung Nolokla dan Tim Paralegal LBH Papua, di Kampung Nolokla, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Kamis (10/6/2021).

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Jayapura, Herald J. Berhitu, S.Pd, M.Pd, pelayanan jemput bola ini bertujuan untuk lebih mendekatkan pelayanan prima yang memuaskan bagi masyarakat. Walaupun pelayanan kepada masyarakat dinilai belum sempurna, minimal Disdukcapil Kabupaten Jayapura sudah berupaya mengoptimalkan semua jenis pelayanan Administrasi Kependudukan.

“Karena kepala kampung Nolokla responsif dan minta agar adakan pelayanan administrasi kependudukan di kampungnya, yang dilakukan di SMK Pertanian. Jadi dalam pelayanan terpadu administrasi kependudukan ini antusias masyarakat lumayan sangat banyak dan kemarin kita bisa menyelesaikan pelayanan terpadu itu selama sehari,” ungkapnya ketika dikonfirmasi wartawan media online ini di ruang kerjanya, Jumat (11/6/2021).

Dari informasi yang diperoleh wartawan media online ini, kegiatan yang digelar sehari itu setidaknya ada 200-an warga, baik itu melakukan pengurusan Kartu Keluarga (KK) sebanyak 150 orang serta sisanya itu melakukan pengurusan KTP elektronik, Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran dan Akta Kematian.

“Saya harapkan agar kampung-kampung yang lain bisa lebih proaktif lagi seperti yang dilakukan Kepala Kampung Nolokla. Supaya masyarakat tidak perlu datang ke kantor, tapi kami yang datang langsung ke masyarakat untuk melakukan pelayanan administrasi kependudukan. Nah, ini juga bisa mengurangi beban masyarakat terutama biaya atau ongkos transportasi yang datang kesini. Walaupun pelayanan disini gratis, tetapi setidaknya kita juga harus tahu bahwa masyarakat datang kesini kan menggunakan uang untuk biaya transportasi,” ujarnya.

“Semua langsung kita lakukan perekaman dan langsung jadi saat itu juga,” tambah pria yang juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura.

Diharapkan dengan upaya ini maka percepatan kepemilikan dokumen administrasi kependudukan seluruh warga Kabupaten Jayapura akan bisa berjalan dengan maksimal, termasuk juga semakin update nya data kependudukan.

“Oleh karena itu, kita minta agar kampung-kampung bisa proaktif. Supaya semua dokumen administrasi kependudukan itu bisa dimiliki oleh setiap warga NKRI yang ada di Papua, khususnya Kabupaten Jayapura,” tukas Herald Berhitu. (Irf)


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here