<
Lintaspapua.com

STQ IX Kabupaten Keerom Diikuti 65 Peserta dari 5 Distrik

LINTAS PAPUA - Jumat, 11 Juni 2021 - 12:47 WITA
STQ IX Kabupaten Keerom Diikuti 65 Peserta dari 5 Distrik
Pj. Sekda Keerom, Daniel Panca Pasanda, AP, MSi, bersama Ketua LPTQ Keerom, Ketua Panitia dan Ketua Pengadilan Agama Arso saat membuka kegiatan STQ IX Kab. Keerom, di gedung Pramuka, (sabtu, 29/5/2021).  (Arief/lintaspapua.com) ()
Penulis
|
Editor

Bupati Keerom Juga Ingatkan Masyarakat Bergandeng Tangan dan Jaga Kerukunan Untuk Pembangunan

KEEROM (LINTAS PAPUA) – Sebanyak 66 peserta dari 5 Distrik di Kabupaten Keerom mengikuti gelaran Seleksi Tilawatil Quran (STQ) IX Kab. Keerom tahun 2021 yang dilaksanakan Sabtu (29/5/2021) di Gedung Pramuka, Asyaman, Keerom.

Para peserta dari Distrik Arso, Arso Barat, Mannem, Skanto dan Senggi tersebut terdiri dari qori, qoriah, hafiz, hafizah serta pelatih dan ofisial, yang akan berlomba di 5 cabang lomba yaitu Tilawah dan Hifzil, dewasa dan anak, putra dan putri.

Acara pembukaan STQ yang berlangsung pagi hari dibuka oleh Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP diwakili Pj. Sekda Keerom, Daniel Panca Pasanda, AP, MSi. Selain itu hadir juga Kepala Kantor Kemenag Keerom, Karel Mambay, SE, MPd.K, Ketua MUI Keerom, Kyai Mahfud Mudhor, Ketua LPTQ Keerom, Andi Rahman Nonsy, SE, MM, dan tamu undangan lainnya.

Bupati Keerom dalam arahan yang disampaikan Sekda, menyampaikan bahwa momen tersebut merupakan momen yang penting dan strategis dalam rangka peningkatan kualitas keber-agamaan umat. Maka pemerintah sangat serius pada kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan lembaga keagamaan termasuk STQ tersebut.

‘’Dalam lantunan ayat ayat suci alquran sebagai wahyu atau kalam Tuhan bukan berarti hanya dibaca dan dipahami saja, tetapi terlebih dari itu kita diharapkan mampu mengamalkan nilai-nilai alquran pada sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dan yang lebih pokok lagi bahwa alquran mampu menjadi petunjuk manusia, mana yang hak dan mana yang bathil,’’ujarnya.

Bupati juga mengajak seluruh masyarakat untuk bekerja keras dan bersama-sama mewujudkan visi ‘Keerom bangkit yang inovatif, mandiri, bermartabat dan berkelanjutan.’

Karena yang sangat diharapkan pembangunan di kabupaten ini dengan adanya kerha keras untuk mewujudkan keerom bangkit yang inovatif, mandiori, bermartabat dan berkelanjutan.

‘’Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian kita semua, yaitu diharapkan seluruh masyarakat kabupaten keerom untuk bergandengan tangan untuk membangun keerom yang lebih baik sesuai tugas dan tanggungjawab kita masing-masing,’’lanjutnya

Ia juga meminta untuk terus menjalin persatuan dan kesatuan bangsa, warga masyaralat, dan jalin pula kerukunan antar umat beragama karena kerukunan merupakan faktor utama berjalannnya pembangunan di segala bidang. Juga terus suburkan pembinaan dan bimbingan mental spiritual melalui lembaga lembaga agama yang ada sehingga masyarakat semakin mampu untuk menjadi pelaku pembangunan.

Sementara itu, Kepala Kemenag Keerom, Karel Mambay, dalam sambutan berikut mengemukakan hasil yang diperoleh kafilah kabupaten Keerom pada MTQ Provinsi Papua tahun 2020 yang dilaksankan secara virtual. Dimana salah satunya beroleh juara I sehingga akan memperkuat kafilah Papua ke MTQ nasional, yaitu dicabang lomba makalah Al-Quran.

Sementara Ketua LPTQ Kab Keerom, Andi Rahman Nonsy, menyampaikan terimakasih kepada Bupati Keerom, yang telah memberikan dorongan, motivasi dan serta bantuan dana untuk kegiatan STQ tersebut.

‘’Kami menyampaikan terimakasih atas dukungan Bupati Keerom untuk kegiatan ini. Pembangunan SDM di Keerom yang juga menjadi visi dari Bupati Keerom, khususnya menyangkut pengembangan mental spiritual, melalui kegiatan STQ ini diharakan bisa mendukung Pemkab Keerom untuk pembangunan mental spiritual di Kabupaten Keerom,’’ujarnya.

Sedangkan Ketua Panitia STQ, Mashudi, SH, MMP, dalam laporannya mengemukakan tujuan kegiatan STQ adalah untuk memasyarakatkan alquran melalui peningkatan, pemahaman pendalaman dan pengamalan isi kandungan alquran adalam kehidupan sehari-hari, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT.

‘’Juga agar menghasilkan qori-qoriah dan hafiz-hafizah, terbaik sebagai utusan kafilah kab keerom ke STQ tingkat Provisi Papua yang akna dilaksanakan pada 4-10 juni 2021 di Kota Jayapura,’’pungkasnya.

Acara berlangsung sehari penuh tersebut akhirnya menghasilkan 6 juara yang akan dikirimkan ke STQ Tingkat Provinsi Papua. Kegiatan pun ditutup malam harinya oleh Kepala Kantor Kemenag Agama, Karel Mambay, Ketua LPTQ Keerom, Andi Rahman Nonsy dan Ketua Dewan Hakim, Mashudi, secara bersama-sama. (ariefnugroho/lintaspapua.com)


 

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
123